7 Cara Agar Kecepatan Website Meningkat Dengan Optimasi berikut Ini

7 Cara Agar Kecepatan Website Meningkat Dengan Optimasi berikut Ini

Seperti faktor lainnya, pengoptimalan kecepatan website merupakan faktor lanjutan karena Google terlalu sadar akan kecepatannya dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Itu telah membuat pengoptimalan kecepatan website menjadi faktor peringkat SEO.

Kecepatan situs web Anda harus ramah pengguna dan dioptimalkan untuk berbagai jenis perangkat. Karena jika situs web Anda memuat lebih cepat, itu akan memberikan keterlibatan pengguna yang lebih baik, tingkat konversi yang lebih tinggi, peringkat SEO yang lebih tinggi, dll.

Google akan menghukum situs web Anda dan tidak memberikan peringkat situs web Anda dalam hasil pencariannya jika kecepatan website Anda lambat, tidak berjalan, kesalahan server, Kesalahan 404, dan kesalahan lain seperti kesalahan pengkodean, server tidak merespons, dan masalah konektivitas internet.

Berikut faktor, teknik, alat, dan alasan yang memengaruhi kecepatan website

Ini berarti berapa banyak hal yang Anda miliki di web Anda, berapa konten atau panjangnya dan berapa banyak gambar yang ada, dan hal-hal lain yang dapat mengganggu kecepatan situs web Anda.

1. Kurangi ukuran gambar Anda untuk pengoptimalan kecepatan website anda

Untuk mengoptimalkan ukuran seluruh halaman Anda dan meningkatkan kecepatannya, Anda perlu mengoptimalkan ukuran gambar Anda. Karena gambar memengaruhi kecepatan situs web Anda, maka gambar perlu diubah ukurannya sesuai dengan situs web Anda.

Jika gambar Anda besar, mereka akan memperlambat situs web Anda. Untuk mengurangi ukuran gambar Anda dan menjadikannya sebagai standar web atau gambar berkualitas, Anda dapat menggunakan WP Smush jika Anda memiliki situs web di WordPress .

Dengan plugin ini, Anda dapat mengubah ukuran gambar Anda secara otomatis. Anda perlu mengatur lebar dan tinggi gambar yang diperlukan di plugin ini, dan saat Anda mengupload gambar apa pun, gambar akan terhapus atau dikompresi jika melebihi lebar dan tinggi yang Anda inginkan.

Jika kita berbicara tentang format gambar, mereka tersedia dalam png, jpg gif, SVG. Anda harus menggunakan format gambar yang ringan, berkualitas, dan standar web untuk dimuat di situs web Anda dengan cepat, dan itu adalah format PNG. Saat ini, banyak orang menggunakan gambar SVG untuk situs web mereka karena gambar tersebut tidak berpiksel dan tetap dapat diskalakan saat Anda memperbesar gambar ini.

Untuk mengubah ukuran dan kompres gambar Anda sesuai dengan dimensi situs web Anda. Ukuran gambar Anda harus SEO friendly, dan harus hingga 100kb, dan resolusinya harus 1920 X 1080. Gambar yang ramah SEO dengan mudah dimuat di situs Anda dan meningkatkan kecepatan situs Anda, dan pada akhirnya Google akan memberi Anda peringkat dalam pencariannya hasil.

Jika situs Anda tidak menggunakan WordPress , Anda dapat mengubah ukuran dan mengoptimalkan ukuran gambar Anda dengan google photoshop dan alat pengubah ukuran gambar online gratis seperti resize.net, Tiny PNG, dan Kraken. Io, JPEG mini, optik gambar, dll.

2. Optimalkan file JavaScript dan CSS atau file statis untuk pengoptimalan kecepatan website

Masalah pengkodean: Jika pengkodean Anda bagus, kompatibel, dan sesuai dengan tren terbaru, itu akan meningkatkan kecepatan situs web Anda. JavaScript membantu Anda menempatkan elemen yang menarik di situs web Anda. Jadi JavaScript harus ringan dan dioptimalkan untuk kecepatan situs web.

CSS adalah elemen kode yang membantu Anda menata situs web Anda, mengubah warna, font, margin, padding, lekukan, kolom, dan banyak lagi tentang mendesain situs web Anda. CSS yang berlebihan akan memperlambat kecepatan situs web Anda dan meningkatkan waktu respons server Anda, yaitu, jika Anda berbicara tentang satu elemen beberapa kali dalam CSS, browser akan bingung antara mana yang akan dimuat dan apa arti instruksi lainnya.

Jika situs web Anda memiliki banyak file JavaScript dan CSS, itu akan memperlambat kecepatan situs web Anda. Mengakses file apa pun akan menyebabkan banyak permintaan HTTP, dan pada akhirnya proses ini akan memperlambat kecepatan situs web Anda.

Dengan mengurangi file CSS dan JavaScript serta mengelompokkan semua file JavaScript menjadi satu, menghapus data yang tidak berguna dengan alat minifikasi dari situs web Anda yang tidak diperlukan browser Anda dapat melakukan pengoptimalan kecepatan situs web Anda.

File statis Alat minifikasi atau kompresor: Ada banyak alat minifikasi untuk mengecilkan, mengompres atau mengoptimalkan HTML, Javascript, CSS, file seperti willpeavy, script minifier, atau grunt, plugin WordPress seperti alat WP Rocket, CSS minifier / kompresor, atau Kompresor Gzip yang menghapus jeda baris pemformatan yang tidak perlu, spasi ekstra, karakter di seluruh kode HTML dan CSS Anda dan melindungi Anda dari melakukannya secara manual.

3. Pengoptimalan Kecepatan Website untuk perangkat seluler

Jika Anda tahu bahwa situs web Anda memiliki 70 hingga 80% lalu lintas dari seluler dari desktop, Jadi Google menyarankan bahwa situs web Anda harus ramah seluler karena Anda mendapatkan lalu lintas di situs web Anda sekarang berbentuk seluler daripada di desktop karena jatuhnya tren desktop.

Untuk pengoptimalan kecepatan situs web di seluler, situs web Anda harus ramah seluler dan responsif seluler. Pengunjung situs web Anda dapat mengalami fungsi dan efisiensi yang sama di seluler seperti yang mereka alami di desktop.

4. Jadi ramah seluler berarti situs web Anda harus dimuat di seluler dengan cepat.

Daya tanggap seluler berarti situs web harus dimuat di seluler sesuai dengan ukuran seluler atau layar karena ada ukuran layar seluler, tablet, desktop yang berbeda. Jadi, jika desain situs web Anda dioptimalkan dengan benar sesuai dengan ukuran layar, itu akan memberikan tampilan yang bagus di layar kecil.

Jadi, situs web Anda harus memiliki versi berbeda dari desain web responsif agar perangkat berbeda memiliki tampilan yang bagus dan menampilkan gambar dengan benar, yaitu seluler, dan itu disebut daya tanggap seluler. Untuk pengoptimalan kecepatan situs web, situs web Anda harus ramah seluler dan dibuat sesuai seluler.

5. Menerapkan AMP untuk pengoptimalan kecepatan website di seluler:

Google memberikan plugin AMP untuk mengonversi semua situs web Anda di AMP berarti halaman seluler yang dipercepat atau format seluler. Google dapat menampilkan situs web ini di seluler dengan benar dan memuatnya dengan cepat pada sinyal data yang lambat.

AMP memiliki kinerja, keterlibatan, atau pemuatan situs web Anda yang lebih tinggi dengan cepat dan memberikan opsi untuk memilih desain dan tata letak secara terbatas di Google AMP untuk situs web Anda.

6. Kurangi jumlah plugin untuk mengoptimalkan kecepatan website Anda:

Plugin diinstal di situs Anda untuk menambahkan fitur tertentu ke situs Anda jika dijalankan di WordPress. Tetapi lebih banyak plugin membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk menjalankannya, yang akan memperlambat kecepatan situs web Anda.

Plugin ini juga dapat memiliki masalah keamanan. Karena kecepatan situs web bergantung pada plugin kualitas, periksa uji kecepatan plugin yang memperlambat situs web Anda dan hapus plugin yang tidak perlu, usang, dan tidak lagi digunakan ini. Seseorang harus selalu memperbarui plugin yang diperlukan di situs web seseorang untuk pengoptimalan kecepatan situs web.

Anda dapat menggunakan GT Metrix dan Pingdom Tools untuk memeriksa kecepatan website Anda. Anda dapat menggunakan profiler kinerja plugin yang menunjukkan kepada Anda laporan terperinci tentang kinerja plugin dalam beberapa menit. Dengan evaluasi, jika Anda menemukan plugin yang tidak perlu dan memperlambat kecepatan situs web Anda, Anda dapat menonaktifkan atau menghapusnya.

7. Gunakan CDN (jaringan pengiriman konten) untuk pengoptimalan kecepatan website

Jaringan pengiriman konten adalah jaringan pengiriman atau sekumpulan besar server web yang digunakan untuk mengirimkan konten secara cepat dan efisien kepada pengunjung di seluruh lokasi geografis yang luas dengan mempercepat waktu buka halaman Anda. Jaringan geografis atau pusat data ini telah menyimpan salinan situs Anda untuk memberikan akses yang lebih cepat dan lebih andal kepada pengguna situs Anda.

Max CDN dan Cloud flare, dan keycd adalah pilihan terbaik untuk CDN. Max CDN yang berfokus hanya pada peningkatan waktu muat dengan menyediakan layanan CDN dengan lebih banyak pusat datanya. Cloudflare menawarkan layanan tambahan fitur keamanan dan pengoptimalan selain layanan CDN.

Anda dapat menerapkan plugin optimole sebagai CDN untuk gambar situs web Anda di WordPress.

Dampak URL rusak atau kesalahan 404 pada pengoptimalan kecepatan Website

Karena setiap aset atau halaman situs Anda memiliki alamat atau URL, jika Anda telah menghapus atau mengubah halaman apa pun, tetapi di database atau indeks Google, halaman tersebut tidak terhapus.

Ketika pengguna pergi ke halaman itu, itu memberikan 404, atau server tidak dapat menampilkan halaman itu karena telah diubah atau dihapus.

Ini menunjukkan bahwa tidak ada URL di server ini, dan pengguna akan meninggalkan situs web Anda. tautan Rusak memengaruhi SEO Anda, dan ini pada akhirnya akan memengaruhi kecepatan situs web Anda.

URL Rusak memengaruhi SEO Anda dalam tiga cara:

  1. URL yang rusak berdampak negatif pada SEO Anda
  2. Tautan rusak membuat pengguna menjauh.
  3. Google tidak menyukai tautan mati.

URL rusak dapat diidentifikasi dengan:

Ketika Anda mencari dan menemukan bahwa halaman ini tidak ada dengan melihat kesalahan 404

Anda mungkin tidak tahu tentang URL rusak yang dimiliki situs web Anda, atau Anda telah menghapus halaman Anda, dan Google telah mengindeks halaman Anda sebelum Anda menghapus halaman ini.

Dalam hal ini, halaman ini akan ada / tetap ada di database Google, dan ketika pengguna membuka halaman ini, itu menunjukkan kesalahan 404 yang menunjukkan bahwa halaman ini tidak ada sekarang.

Mengubah URL halaman aktif, yaitu jika Anda menulis artikel atau melakukan perubahan topik atau artikel, itu akan mengubah URL, jadi Anda belum menghapus halaman ini membuat beberapa perubahan atau mengganti namanya.

Dalam kasus ini, pengguna tidak dapat membuka URL lama yang telah diindeks Google karena Anda telah mengubah atau menghapus halaman ini, dan itu akan menampilkan kesalahan 404.

Alat untuk menemukan URL yang rusak

  1. Anda dapat menggunakan alat Daftar Periksa Langsung W3C untuk menemukan URL yang rusak.
  2. Anda dapat menggunakan “alat webmaster Google untuk menemukan URL yang rusak dengan mendaftarkan situs web Anda. Alat ini adalah cara terbaik untuk mengidentifikasi URL rusak Anda oleh Google itu sendiri.

Selain itu, Anda dapat menggunakan link sieuth Xenu  dan plugin pengalihan 404 untuk WordPress. Perbaiki URL rusak dengan pengalihan 301 untuk pengoptimalan kecepatan situs web:

Jika Anda memigrasi website atau halaman Anda berarti jika Anda memiliki website / halaman baru di tempat yang lama dan jika link rusak ini mendatangkan trafik, berikan perintah redirection halaman atau website ini 301.

Jika halaman ini tidak membawa kunjungan dan melayani tujuan yang diperlukan, maka hilangkan link atau halaman yang rusak ini.

Dalam perintah pengalihan ini, Anda memberi URL lama alamat baru. Saat Google / pengguna membuka URL lama, browser akan menampilkan URL baru, dan dengan cara ini, Google / pengguna akan membuka halaman baru tanpa mengetahui bahwa itu halaman baru.

Ketika Google mengindeks halaman ini yang tidak ada tetapi memiliki pengalihan 301, maka Google memahami bahwa halaman ini memiliki alamat baru sekarang, dan alamat lama telah dihapus, jadi dalam database Google, alamat baru akan diindeks.

Kurangi pengalihan: Coba kurangi atau pertahankan minimum pengalihan di situs Anda karena pengalihan ini membuat permintaan HTTP tambahan yang memperlambat kecepatan situs Anda. Jadi untuk mengidentifikasi pengalihan di situs Anda, Anda dapat menggunakan “Screaming Frog”.

Pindahkan situs web Anda ke server (Hosting) yang lebih baik untuk pengoptimalan kecepatan website anda

Cloud Hosting Indonesia

Berarti, apakah hosting Anda baik atau buruk, yaitu jika Anda membuka situs web Anda di indonesia, tetapi servernya di AS, maka akan memakan waktu untuk memuat karena panggilan panjang yang masuk ke server AS dan kembali lagi.

Selain itu, Anda dapat memiliki hosting yang baik tetapi tidak memiliki paket hosting yang baik sehingga ketika batasnya habis, maka kecepatan situs web Anda akan turun.

Hosting bersama tempat Anda berbagi ruang server dengan perusahaan lain dapat memengaruhi kecepatan situs web Anda karena banyak orang yang menggunakan server yang sama.

Tetapi paket Hosting bersama memiliki biaya rendah untuk membuat situs Anda online dalam waktu singkat. Jadi dedikasikan server, dan server pribadi virtual adalah opsi terbaik untuk pengoptimalan kecepatan situs web Anda.

Hosting khusus adalah paket mahal dan terbaik di mana hanya Anda yang mendapatkan kontrol dan akses ke server, dan ini adalah server yang jauh lebih cepat.

Jika Anda memiliki server khusus, Anda harus membayar sewa server dan menyewa administrator sistem untuk memeliharanya. AWS, Microsoft Azure, Google, atau penyedia cloud publik lainnya adalah beberapa opsi untuk menyewa server khusus.

Server pribadi virtual adalah server yang jauh lebih cepat seperti server khusus. Meskipun Anda juga berbagi server dengan situs web lain

Anda memiliki bagian sendiri dari server virtual yang melindungi situs web Anda dari orang lain di server Anda tanpa biaya apa pun, tidak seperti server khusus.

Untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda, VPS akan menjadi solusi optimal untuk situs web Anda, sebaiknya jika Anda memiliki situs web e-commerce.

Pilih tema yang ringan

Tema Anda adalah dasar dari situs web Anda dan berpengaruh besar pada peningkatan kecepatan situs web Anda. Jadi akan membantu jika Anda menggunakan tema ringan untuk pengoptimalan kecepatan website Anda yang menawarkan fleksibilitas tinggi untuk merancang situs web Anda. Jadi Anda dapat menggunakan opsi ini untuk tema ringan premium seperti landingpress

Kurangi penggunaan font web 

Seperti font web yang digunakan dalam desain situs web, tambahkan permintaan HTTP tambahan, dan perlambat situs web Anda.

Untuk mengurangi ukuran font web, pilih hanya gaya yang Anda butuhkan dan pertahankan karakter seminimal mungkin sesuai dengan situs Anda, dan gunakan format modern seperti WOFF2, dll.

Alat untuk menguji kecepatan website

Google sendiri memberikan alat wawasan kecepatan halaman untuk memeriksa kecepatan halaman atau kecepatan situs web di seluler dan desktop.

Alat ini, Alat ini menunjukkan skor situs web atau halaman Anda di seluler dan desktop dengan menganalisis komponen / hal terpenting dari situs web seperti javascript, CSS, dan kinerja gambar yang dimuat di halaman Anda dan mengidentifikasi masalah dalam memuat halaman ini juga dan memberi Anda solusi yang mengoptimalkan hal-hal ini untuk mempercepat situs web Anda dan nilainya.

Selain itu, Anda dapat menggunakan alat lain untuk menguji kecepatan situs web Anda, seperti GTmetrix , Pingdom, seositecheckup, pengoptimalan kecepatan halaman varvy, pagelocity, dan Yslow yang memberi Anda laporan terperinci tentang setiap komponen situs web Anda yang memperlambat situs web Anda.

Anda bisa menggunakan layanan monitoring uptime untuk mendapatkan notifikasi instan ketika kecepatan website Anda melambat, seperti uptrends yang merupakan tool online gratis yang memberikan fasilitas tersebut.

Jadi, jika kecepatan situs web Anda lambat setelah memeriksa kecepatannya, Anda harus menerapkan teknik dan alat pengoptimalan kecepatan situs web di atas untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda.

error: