Apa Itu Core Web Vitals & Bagaimana Cara Optimasinya

Apa Itu Core Web Vitals & Bagaimana Cara Optimasinya

Untungnya, Core Web Vitals Google , juga dikenal sebagai Web Vitals, membuat tugas itu jauh lebih mudah. Kumpulan sinyal peringkat utama dan metrik kinerja ini adalah inisiatif Google untuk membantu menilai dan menilai pengalaman laman yang disediakan oleh situs web mana pun.

Dalam posting ini, kami akan menjelaskan apa itu Google Core Web Vitals, mengapa itu penting, dan cara mengujinya di situs web Anda. Kemudian kami akan memberi Anda tips tentang cara meningkatkan Vital Web Inti situs WordPress Anda .

Apa Itu Core Web Vitals

Google Core Web Vitals adalah sekumpulan metrik performa yang mengukur kualitas UX yang diberikan halaman kepada pengunjung. ‘

Core Web Vitals adalah bagian dari ‘Web Vitals’, sebuah inisiatif Google yang bertujuan untuk memudahkan Anda dan pemilik situs lain untuk memprioritaskan metrik yang paling penting.

Setiap Core Web Vital dapat diukur, dan berperan dalam sinyal peringkat Google. Google telah menjelaskan bahwa Web Vitals ini akan berkembang dan berkembang seiring waktu. Namun, yang saat ini terutama berfokus pada tiga aspek utama UX :

  1. Memuat
  2. Interaktivitas
  3. Stabilitas visual

Masing-masing aspek ini memiliki metriknya masing-masing:

  • Largest Contentful Paint (LCP) mengukur waktu buka yang dirasakan, atau waktu yang dibutuhkan untuk konten utama situs Anda untuk muncul. Idealnya, LCP akan muncul dalam 2,5 detik setelah halaman mulai memuat.
  • First Input Delay (FID) adalah metrik untuk interaktivitas. Halaman yang memberikan UX solid biasanya memiliki skor FID tidak lebih dari 100 milidetik (md).
  • Pergeseran Tata Letak Kumulatif (CLS) mengukur stabilitas visual, yang berarti bagaimana pengguna mengalami perubahan tak terduga dalam tata letak situs Anda. Untuk kinerja terbaik, metrik ini harus kurang dari 0,1.

Google sekarang menganggap kecepatan halaman dan pengukuran interaksi pengguna ini sebagai indikator penting dari ‘pengalaman halaman’ situs.

Faktanya, awal tahun ini Google mengumumkan akan memperkenalkan faktor peringkat baru, Page Experience , untuk menggabungkan sinyal yang ada dengan Core Web Vitals.

Apa Itu Core Web Vitals

Mengapa Core Web Vitals Penting?

Sebagai pemilik situs web, memberikan UX yang berkualitas sangat penting untuk kesuksesan bisnis online . UX yang buruk, seperti yang disebabkan oleh waktu pemuatan yang lambat atau navigasi yang rumit, dapat menyebabkan peningkatan rasio pentalan dan lebih banyak keranjang belanja yang diabaikan.

Core Web Vitals penting karena membantu Anda mengukur kinerja situs WordPress Anda. Mereka menyediakan metrik konkret yang dapat Anda lacak dan uji untuk menilai UX situs Anda, dan kemudian melakukan peningkatan seperlunya.

Terlebih lagi, Core Web Vitals adalah metrik yang dilihat Google untuk membantu menentukan dan menilai pengalaman dan performa halaman Anda .

Seperti yang kita bahas di bagian sebelumnya, ini termasuk seberapa cepat halaman memuat, apakah halaman itu interaktif atau tidak, dan stabilitas halaman.

Namun, karena pengalaman halaman menjadi faktor peringkat resmi, Google akan menggabungkan Core Web Vitals ini dengan sinyal lain yang ada, seperti:

  • HTTPS
  • Ramah seluler
  • Kurangnya pop-up yang mengganggu
  • Penelusuran yang aman

Selain itu, karena masing-masing Core Web Vitals adalah sinyal peringkat, mereka juga memainkan peran penting dalam Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) Anda. Memeriksa untuk melihat bagaimana situs web Anda menguji dan mengukur di Core Web Vitals tidak hanya dapat meningkatkan UX-nya, tetapi juga dapat membantu peringkat situs Anda lebih tinggi dalam penelusuran yang relevan.

Tes Vital Web Inti 

Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mengukur, menguji, dan melaporkan Core Web Vitals Anda. Ini termasuk Google PageSpeed ​​Insights , Google Search Console , ekstensi Web Vitals , dan banyak lagi. disini kami hanya menggunakan google pagespeed Insights saja, serta bagaimana dan kapan menggunakannya:

Google PageSpeed ​​Insights

Jika Anda tidak terbiasa dengan solusi pertama ini, PageSpeed ​​Insights adalah alat populer yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa kecepatan dan kinerja laman web Anda:

Namun, ini juga berguna untuk mengukur Web Vitals Anda . Alat ini memberi Anda laporan ekstensif yang mencakup data lapangan dan lab, serta metrik utama yang membentuk Core Web Vitals (LCP, FID, dan CLS).

Untuk menggunakannya, cukup masukkan URL Anda ke kolom input dan klik tombol Analisis . Tanda-tanda vital Web Anda akan mencari akan terdaftar di bawah Data Bidang bagian :

Core Web Vitals

Salah satu hal yang paling kami sukai dari PageSpeed ​​Insights adalah ia memberi Anda diagnosis, serta peluang tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan situs Anda untuk kecepatan dan kinerja yang lebih baik

Keuntungan lain dari alat ini adalah didasarkan pada data browser yang sebenarnya . Menggunakan PageSpeed ​​Insights memungkinkan Anda dengan cepat memahami posisi situs Anda dalam kaitannya dengan Core Web Vitals.

Kemudian ini memberi Anda beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah apa pun dengan situs Anda yang mungkin berkontribusi pada skor yang buruk.

Cara Meningkatkan Vital Web Inti Anda di WordPress

Sekarang setelah Anda memahami lebih banyak tentang Core Web Vitals dan mengapa itu penting untuk situs WordPress Anda, sekarang saatnya untuk melihat bagaimana Anda dapat meningkatkannya.

 Setelah Anda selesai menguji Web Vitals, Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang metrik mana yang bisa lebih baik.

Cara Meningkatkan LargestContentful Paint (LCP)

Jika konten Anda membutuhkan waktu lama untuk dimuat, ini meningkatkan kemungkinan pengguna menjadi frustrasi dan meninggalkan situs Anda.

Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan skor LCP yang buruk (lebih dari beberapa detik), mengambil langkah yang diperlukan untuk meningkatkan metrik ini sangatlah penting.

Tentu saja, solusi yang Anda gunakan akan bergantung pada penyebab skor buruk tersebut. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin berurusan dengan masalah LCP

Beberapa masalah paling umum termasuk server yang lambat, serta JavaScript dan CSS yang memblokir perenderan.

Beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan LCP adalah:

  • Singkirkan elemen besar . Jika Anda menggunakan Wawasan PageSpeed ​​untuk menguji situs web Anda, ini akan memberi tahu Anda jika ada elemen tertentu di laman Anda yang menjadi masalah. Jika demikian, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghapusnya (atau membuatnya lebih kecil) untuk membantu meningkatkan LCP.
  • Minimalkan pemblokiran JavaScript dan CSS . Mengurangi jumlah sumber daya di situs Anda yang berisi pemblokiran CSS dan JavaScript dapat menurunkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten utama laman Anda sepenuhnya. Untuk panduan lebih lanjut, Anda dapat merujuk ke posting kami tentang cara mengecilkan CSS .
  • Manfaatkan pemuatan lambat . Pemuatan lambat adalah saat gambar di halaman hanya dimuat setelah pengguna menggulir ke bawah, memungkinkan Anda mencapai LCP dengan lebih cepat. Anda dapat melakukan ini dengan plugin seperti WP Rocket .
  • Gunakan Jaringan Pengiriman Konten (CDN) . CDN adalah jaringan server yang memuat konten situs Anda dari pusat data di dekat pengunjung Anda. Jika host Anda saat ini tidak menggunakannya, Anda dapat mencoba plugin CDN WordPress .

Jika tidak ada rekomendasi di atas yang membantu meningkatkan LCP Anda, mungkin sudah waktunya untuk mengupgrade hosting web Anda .

Biasanya, semakin tinggi kualitas hosting yang Anda miliki, semakin baik server dan kinerja situs secara keseluruhan yang dapat Anda harapkan.

Cara Meningkatkan First Input Delay (FID)

Seperti yang mungkin Anda ingat, waktu ideal untuk FID adalah 100 ms atau kurang . Oleh karena itu, jika situs Anda membutuhkan waktu lebih lama dari itu, kemungkinan UX Anda akan rusak.

Metode paling efektif untuk meningkatkan FID adalah dengan mengoptimalkan JavaScript Anda . Ada berbagai cara untuk melakukan ini.

Salah satu taktik umum adalah meminimalkan atau menunda JavaScript . Melakukannya akan memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan situs web Anda saat JavaScript-nya masih dimuat di browser. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan plugin seperti Async JavaScript :

Alat gratis ini memungkinkan Anda menghilangkan JavaScript yang memblokir perenderan di konten paruh atas Anda. Ini tidak hanya dapat membantu meningkatkan FID, kecepatan halaman, dan UX, tetapi juga dapat meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.

Cara lain untuk meningkatkan FID adalah dengan menghapus skrip pihak ketiga yang tidak perlu . Terlalu banyak skrip dapat menyumbat jaringan Anda dan menyebabkan waktu respons lebih lambat.

Terakhir, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan cache browser . Dengan mempermudah pemuatan konten situs Anda di browser pengguna, cache dapat mempercepat tugas JavaScript .

Cara Meningkatkan Pergeseran Tata Letak Kumulatif (CLS)

Jika elemen pada halaman bergeser saat halaman dimuat, ini sering menghasilkan CLS yang tinggi – yang tidak baik.

Ketidakstabilan visual dapat menyebabkan pengguna mengklik elemen yang salah, atau sekadar bingung mengapa item dipindahkan setelah halaman dimuat sepenuhnya.

Idealnya, CLS Anda tidak lebih dari 0,1 . Jika lebih tinggi dari itu, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Yang pertama adalah menentukan dimensi gambar . Jika Anda tidak menyetel atribut untuk panjang dan lebar gambar Anda , ini dapat menyebabkan skor CLS Anda meningkat. Hal yang sama berlaku untuk media apa pun, seperti GIF, video, dan infografis.

Pertimbangan penting lainnya adalah iklan dinamis . Setiap iklan yang disertakan di situs web Anda harus memiliki ruang cadangannya sendiri yang tidak terlalu mengganggu pengalaman menonton pengguna.

Misalnya, menempatkan iklan besar di bagian atas halaman dapat mempersulit pembacaan konten.

Cara ketiga untuk meningkatkan skor CLS Anda adalah dengan memesan tempat untuk embed dan iframe di halaman Anda.

Jika elemen ini tidak memiliki dimensi yang ditentukan, elemen tersebut dapat berpindah-pindah dan memengaruhi tata letak halaman saat dimuat, yang pada akhirnya menggagalkan UX-nya.

Salah satu aspek penting dalam menjalankan situs WordPress adalah memastikan Anda memberikan UX yang positif kepada pengguna Anda.

UX tidak hanya memengaruhi konversi dan rasio pentalan Anda, tetapi juga berdampak besar pada SEO Anda.

Inilah sebabnya kami merekomendasikan untuk memperhatikan Core Web Vitals Google (LCP, FID, dan CLS) untuk mengoptimalkan situs Anda.

Seperti yang telah kita bahas dalam posting ini, metrik kinerja ini sangat penting untuk menilai pengalaman halaman yang akan dimiliki pengunjung di situs Anda .

Anda dapat menggunakan alat seperti Google PageSpeed ​​Insights , Google Search Console , dan ekstensi Web Vitals untuk menguji situs web Anda, mengukur Web Vitals, dan membuat perubahan apa pun yang diperlukan untuk meningkatkan skor Anda.

error: