4 Tips Cara Menghindari Penipuan Dari Orang Yang Tidak Kenal

4 Tips Cara Menghindari Penipuan Dari Orang Yang Tidak Kenal

Penipu semakin canggih dalam upaya mereka untuk mendapatkan uang atau informasi pribadi Anda. Waspada dan lindungi diri Anda dari penipuan dengan mengikuti tip kami tentang cara menghindari penipuan

Karena teknologi telah berkembang dan berkembang, cara penipu mencoba menargetkan orang telah berkembang dengannya.

Dari situs web palsu hingga pesan teks yang tampaknya berasal dari sumber yang sah, penipu akan mencoba berbagai cara untuk mendapatkan informasi pribadi dari Anda

Untuk mengambil uang dari akun Anda, menggunakan detail yang Anda bagikan untuk berpura-pura menjadi Anda, atau untuk dijual.

Selain penggunaan teknologi, kami juga melihat penipu mencoba memanipulasi atau mengeksploitasi situasi untuk membangun kepercayaan atau menciptakan kepanikan, mencoba membuat orang mengungkapkan informasi melalui telepon, dan terkadang bahkan bertatap muka. Mengenali tanda-tanda umum penipuan ini dapat membantu Anda menghindari kecurangan.

Tips Cara Menghindari Penipuan

Tips Menghindari Penipuan Yang Bisa Anda Terapkan

Empat Tanda Bahwa Itu Scam

1. Penipu dari organisasi yang Anda kenal.

Penipu sering kali berpura-pura menghubungi Anda atas nama pemerintah. Mereka mungkin menggunakan nama asli, seperti Administrasi Jaminan Sosial , IRS , atau Medicare , atau membuat nama yang terdengar resmi.

Beberapa berpura-pura berasal dari bisnis yang Anda kenal, seperti perusahaan utilitas , perusahaan teknologi , atau bahkan badan amal yang meminta sumbangan.

Mereka menggunakan teknologi untuk mengubah nomor telepon yang muncul di ID pemanggil Anda. Jadi nama dan nomor yang Anda lihat mungkin tidak asli.

2. Penipu mengatakan ada MASALAH atau HADIAH.

Mereka mungkin mengatakan Anda bermasalah dengan pemerintah . sebagai contoh ,Anda berhutang uang . Atau seseorang di keluarga Anda mengalami keadaan darurat

Beberapa penipu mengatakan ada masalah dengan salah satu akun Anda dan Anda perlu memverifikasi beberapa informasi.

Orang lain akan berbohong dan mengatakan Anda memenangkan uang dalam lotere atau undian tetapi harus membayar biaya untuk mendapatkannya.

3. Penipu TEKAN Anda untuk bertindak segera.

Penipu ingin Anda bertindak sebelum Anda punya waktu untuk berpikir. Jika Anda sedang menelepon , mereka mungkin akan memberi tahu Anda untuk tidak menutup telepon sehingga Anda tidak dapat melihat ceritanya.

Mereka mungkin mengancam akan menangkap Anda, menuntut Anda, mencabut SIM atau SIM Anda, atau mendeportasi Anda. Mereka mungkin mengatakan komputer Anda akan rusak.

4. Penipu meminta Anda untuk MEMBAYAR dengan cara tertentu.

Mereka sering kali memaksa Anda membayar dengan mengirimkan uang melalui perusahaan pengiriman uang atau dengan meletakkan uang di kartu hadiah dan kemudian memberi mereka nomor di belakangnya.

Beberapa akan mengirimi Anda cek (yang nantinya akan berubah menjadi palsu), meminta Anda untuk menyetorkannya, dan kemudian mengirimkan uang kepada mereka.

Yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Penipuan

Blokir panggilan dan pesan teks yang tidak diinginkanLakukan langkah-langkah untuk memblokir panggilan yang tidak diinginkan dan untuk memfilter pesan teks yang tidak diinginkan .

Jangan memberikan informasi pribadi atau keuangan Anda sebagai tanggapan atas permintaan yang tidak Anda harapkan.

Organisasi yang sah tidak akan menelepon, mengirim email, atau mengirim SMS untuk menanyakan informasi pribadi Anda, seperti Nomor Jaminan Sosial, rekening bank, atau kartu kredit Anda.

Jika Anda mendapatkan email atau pesan teks dari perusahaan tempat Anda berbisnis dan menurut Anda itu nyata, sebaiknya jangan mengeklik tautan apa pun.

Sebaliknya, hubungi mereka menggunakan situs web yang Anda tahu dapat dipercaya. Atau cari nomor telepon mereka. Jangan panggil nomor yang mereka berikan kepada Anda atau nomor dari ID pemanggil Anda.

Tahan tekanan untuk segera bertindak

  • Bisnis yang sah akan memberi Anda waktu untuk membuat keputusan. Siapa pun yang menekan Anda untuk membayar atau memberi mereka informasi pribadi Anda adalah penipu.

Ketahui cara penipu meminta Anda membayar

  • Jangan pernah membayar seseorang yang bersikeras Anda membayar dengan kartu hadiah atau dengan menggunakan layanan transfer uang. Dan jangan pernah menyetor cek dan mengirim uang kembali kepada seseorang.

Berhenti dan bicaralah dengan seseorang yang Anda percayai. 

  • Sebelum Anda melakukan hal lain, beri tahu seseorang – teman, anggota keluarga, tetangga – apa yang terjadi. Membicarakannya dapat membantu Anda menyadari bahwa ini adalah penipuan.
error: