Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula

Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula

Cara Menggunakan Instagram – Jika Instagram bukan bagian dari rencana pemasaran media sosial Anda , mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan kembali. Platform ini menawarkan banyak cara bagi pelaku bisnis untuk menemukan dan terhubung dengan calon pelanggan.

Dan dengan rangkaian opsi penargetan dan periklanan, Anda dapat memilih dengan tepat siapa di antara miliaran pengguna yang ingin Anda hadapi. Tertarik menggunakan Instagram untuk bisnis ? Kami akan menangani semua yang Anda butuhkan untuk memulai di bawah ini.

Apa itu Instagram dan Bagaimana Ini Digunakan?

Mari kita bahas Instagram untuk pemula: Ini adalah jaringan dan aplikasi media sosial yang berfokus secara visual yang memungkinkan pengguna dan merek untuk berbagi konten foto dan video dengan pengikut mereka.

Ini dimulai hanya sebagai aplikasi berbagi foto, dan sejak itu berkembang menjadi platform multimedia dengan iklan berbayar, pesan Stories yang merusak diri sendiri , dan siaran langsung melalui IGTV.

Ini adalah tempat yang tepat bagi merek untuk terhubung dengan konsumen, memanfaatkan platform dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan .

Demografi Instagram juga menarik. Ini hampir terbagi rata antara pengguna pria dan wanita, meskipun audiens sebagian besar berusia antara 25 dan 34 tahun . Jika ini adalah grup yang ingin Anda jangkau, Instagram adalah salah satu saluran untuk melakukannya.

Cara Mengunduh Instagram

Untuk mengunduh aplikasi Instagram, buka Google Play Store atau Apple App Store (tergantung pada sistem operasi perangkat Anda).

Anda dapat mengunduh aplikasinya secara gratis. Saat Anda membukanya untuk pertama kali, Anda akan diminta untuk membuat akun baru.

Jenis Posting Instagram

Jika Anda ingin mengetahui cara menggunakan Instagram, sebaiknya Anda membiasakan diri dengan jenis konten yang dapat Anda posting. Ada beberapa jenis kiriman Instagram yang dapat Anda masukkan ke dalam campuran konten Anda:

  • Organik: Ini bisa berupa foto, video , atau galeri visual. Ini ditampilkan di umpan pengikut Anda, pada tagar apa pun yang Anda sertakan dalam salinan, dan berpotensi di bagian Jelajahi (Instagram mengontrol ini).
  • Stories: 500 juta akun Instagram menggunakan Stories setiap hari, dan sepertiga dari Stories yang paling banyak dilihat berasal dari merek, bukan orang.
  • Posting influencer : Meskipun tampaknya konsumen telah memahami cara influencer , pemasaran influencer masih merupakan taktik yang sangat masuk akal. Posting ini dibagikan di feed influencer atau merek Anda (atau keduanya), memungkinkan Anda menjangkau audiens baru dan menambah kredibilitas dalam bentuk bukti sosial .
  • IGTV: IGTV adalah salah satu fitur terbaru untuk Instagram. Ini digunakan untuk konten video berdurasi panjang – Anda dapat menyiarkan langsung dan video akan ditayangkan langsung di profil Anda setelah siaran langsung berakhir.
  • Iklan: Satu miliar adalah angka yang besar, dan kemungkinan besar, tidak semua orang yang ada di Instagram akan menjadi pelanggan target. Saat Anda menggunakan iklan Instagram , Anda dapat mengatur parameter untuk siapa yang melihat iklan Anda, memastikannya sesuai dengan profil ideal Anda.

Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula

 

Bagaimana Anda Memulai di Instagram? Siapkan Profil Anda

Jika Anda ingin tahu cara menggunakan pemasaran Instagram untuk bisnis Anda , membuat profil adalah langkah pertama yang praktis.

Ini termasuk bio Instagram Anda , foto profil (gunakan logo perusahaan Anda untuk membangun pengenalan merek), dan tautan (jangan lupa untuk menambahkan parameter pelacakan).

Biografi Anda adalah teks kecil di mana Anda berbagi sedikit tentang merek Anda, siapa di belakang akun, dan apa yang diharapkan dari mengikuti akun Anda

Ada baiknya juga untuk mengulangi beberapa nilai jual unik Anda untuk mendorong kepercayaan dan mendorong konversi. Dan jika Anda beroperasi di lokasi fisik, ingatlah untuk menyertakan alamat sehingga pembeli dapat dengan mudah menemukan Anda.

Tautan profil Anda sangat penting. Tidak seperti saluran media sosial, Instagram tidak ramah tautan. Mereka hanya mengizinkan satu di bio Anda. Anda tidak dapat memiliki tautan dari foto individu (berbayar adalah cerita yang berbeda).

Anda dapat memperbarui link bio Anda sesering yang Anda inginkan. Ini harus pergi ke situs web Anda, halaman arahan, halaman produk, atau di tempat lain di situs Anda.

Jika Anda menautkan ke halaman tertentu tentang obral, misalnya, posting foto yang terkait dengan obral tersebut dan perbarui tautan biografi Anda. Ini adalah praktik umum untuk merek di Instagram.

Jika Anda menjual secara online, Anda juga dapat meluncurkan Instagram Anda dengan toko. Toko Instagram Anda adalah saluran toko online lain tempat pelanggan dapat membeli produk Anda dari dalam antarmuka Instagram.

Ini membuatnya lebih mudah untuk membuat mereka berkonversi, karena mereka tidak harus melalui proses keluar dari aplikasi, mengunjungi situs Anda, dan melalui proses pembelian.

Apa yang Diposting di Instagram: Membuat Strategi Konten Anda

Instagram adalah tentang branding. Penting untuk mengembangkan umpan kohesif dari foto produk, citra gaya hidup, konten buatan pengguna (UGC), teriakan Instagram , dan visual lain yang menghidupkan persona merek Anda.

Jika Anda menjual kacamata hitam, poskan foto orang-orang yang sedang berlibur di pantai yang cerah dengan mengenakan produk Anda atau letakkan sepasang di antara pakaian dan aksesori lain yang sesuai untuk petualangan yang mungkin ingin dilanjutkan oleh pemirsa Anda.

Baca Juga : 10 Cara Membuat Cerita Instagram Anda Lebih Kreatif

Sebelum kita membahas masalah ini, cara terbaik untuk memulai upaya pemasaran apa pun untuk bisnis Anda adalah dengan pendekatan yang mengutamakan strategi yang digerakkan oleh tujuan. Strategi Instagram Anda harus menentukan:

  • Sasaran Instagram Anda (pastikan ini mendukung tujuan pemasaran dan bisnis yang menyeluruh)
  • KPI tertentu yang akan Anda lihat untuk menentukan performa
  • Siapa yang Anda targetkan di Instagram
  • Konten apa yang akan Anda posting di Instagram
  • Siapa yang mengelola akun dan membuat konten untuk Instagram

Seiring waktu, Anda akan belajar banyak, terutama cara memilih konten untuk diposting di Instagram untuk membantu Anda mencapai tujuan.

Tanyakan pada diri Anda, “mengapa orang menggunakan Instagram?” dan mengapa mereka mengikuti merek, lalu mengembangkan strategi yang berpusat di sekitar audiens Anda (bukan sasaran penjualan Anda).

Ini statistik yang menyenangkan: 83 persen pengguna Instagram telah menemukan produk baru di platform media sosial. Meskipun Anda tidak ingin umpan postingan promosi yang berlebihan, iklan bertarget dapat menjadi cara yang bagus untuk menampilkan produk Anda kepada pengguna yang siap menemukan item dan merek baru.

Cara Mendapatkan Pengikut Instagram

Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula

Saat Anda mengembangkan feed, selalu ingat tujuan utamanya: membangun pengikut untuk membantu menghasilkan lebih banyak penjualan. Ini seringkali membutuhkan pendekatan strategis jangka panjang.

Salah satu cara untuk mengembangkan pengikut Anda selain membuat konten yang menarik adalah dengan mengikuti akun lain dengan pemirsa yang mungkin juga tertarik dengan merek Anda.

Salah satu cara paling mudah untuk menemukan Instagram untuk diikuti adalah di bagian ‘Temukan’ aplikasi. Instagram lain untuk diikuti dapat menyertakan merek yang mirip atau melengkapi milik Anda.

Berpegang pada contoh kacamata hitam kami, Anda mungkin ingin mengembangkan jaringan Anda dengan mengikuti merek pakaian pantai atau influencer yang mungkin mengenakan kacamata hitam seperti milik Anda.

Menjadi strategis tentang siapa yang Anda ikuti juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menyedot pengikut dari pesaing Anda dengan membuka akun mereka dan menambahkan beberapa pengikut mereka.

Bangun hubungan dengan audiens Anda dengan memberikan tindak lanjut ke akun yang mengikuti Anda. Ingat, hanya mengikuti tidak cukup. Pastikan untuk menyukai dan mengomentari profil lain juga. Keterlibatan sama pentingnya, jika tidak lebih, dari tindakan awal mengikuti.

Hasil tidak akan datang dalam semalam! Bersabarlah dan terus menyisir Instagram untuk akun yang tepat untuk memberi makan jaringan Anda di situs, dan seiring waktu Anda akan mulai melihat hasilnya.

Kapan dan Seberapa Sering Posting di Instagram

Seperti disebutkan di atas, dibandingkan dengan saluran pemasaran lain seperti Facebook, mengetahui seberapa sering memposting di Instagram menggunakan strategi uniknya sendiri.

Memposting setidaknya sekali sehari adalah tolok ukur yang baik , tetapi apa pun yang berkisar dari 4–5 seminggu atau bahkan beberapa posting sehari dapat diterima.

Hal utama? Jaga agar tetap konsisten dan fokus pada konten berkualitas tinggi. 

Perhatikan bahwa data menunjukkan bahwa sebenarnya tidak ada batasan seberapa sering memposting di Instagram, jadi yang terbaik adalah menguji dan melihat apa yang berhasil untuk Anda.

Tempat yang tepat untuk memulai adalah memposting sekali atau dua kali sehari dan menyesuaikan dari sana.

Jadi kapan waktu terbaik untuk memposting di Instagram ? Ini sangat bergantung pada beberapa faktor utama: di mana Anda berada, di mana audiens Anda berada, dan apa kebiasaan Instagram audiens Anda.

Aturan praktis yang baik adalah memposting saat makan siang (antara pukul 11.00 dan 13.00) dan di malam hari (antara pukul 19.00 hingga 21.00). Hari-hari terbaik? Senin, Rabu, dan Kamis. Minggu umumnya adalah hari terburuk untuk memposting.

Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula

Membuat Konten Instagram Anda

Foto dan Video

Anda perlu mempertimbangkan bagaimana foto (atau video) Anda akan terlihat. Apa yang Anda tangkap dalam bingkai? Bagaimana tampilannya di perangkat seluler?

Apakah ini akan menampilkan detail produk yang Anda inginkan di depan dan tengah? Apakah itu sesuai dengan estetika merek Anda? Ingat, Anda mengkurasi seluruh feed, jadi penting agar visualnya kohesif.

Misalnya, jika Anda hanya menjual kaos, tidak akan konsisten jika Anda membagikan foto mantel, sepatu, atau aksesori. Anda juga dapat secara khusus mengecualikan item yang menurut Anda tidak masuk akal untuk akun Anda.

Warna dan Font

Memiliki palet warna dapat membantu Anda menciptakan sinergi yang kita bicarakan. Ini tidak berarti Anda hanya dapat memposting konten dengan warna yang benar-benar disetujui.

Tapi semuanya harus sesuai dengan estetika yang sama dan saling melengkapi, bukan gado-gado posting yang malang.

Instagram memiliki filter bawaan yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa kiriman Anda.

Ini termasuk sepia, hitam-putih, dan beberapa efek lainnya. Secara umum, yang terbaik adalah menerapkan filter di luar aplikasi di perangkat lunak pengedit foto Anda sendiri, sehingga Anda dapat menerapkannya ke aset visual saat tidak memposting ke Instagram juga.

Anda juga harus memilih font yang akan digunakan untuk posting Anda. Ini termasuk jenis font, gaya, dan ukuran poin.

Ini kemungkinan besar akan menjadi font yang sama di situs web Anda, untuk menciptakan sinergi di antara saluran yang berbeda untuk meningkatkan pengenalan merek.

Teks

Konten visual Anda hanya setengahnya. Setiap postingan juga mendapat ruang untuk caption Instagram . Anda mendapatkan hingga 2.200 karakter (atau sekitar 330 kata) untuk dimainkan. Anda juga ingin menjadi kreatif di sini.

Teks harus mudah dibaca dan sesuai merek. Jika merek Anda menggunakan humor, buat teks Anda menjadi lucu.

Jika Anda adalah merek mewah, kecanggihan adalah kuncinya. Jangan takut untuk bereksperimen dengan emoji juga. Ini bisa menyenangkan dan percakapan, cocok untuk media sosial.

Sama seperti visual Anda, teks juga harus sesuai merek dan konsisten. Meskipun nada bicara Anda mungkin berubah, penting bagi Anda untuk tetap setia pada suara merek Anda yang menyeluruh. Konsistensi sangat penting dalam dunia omnichannel saat ini .

Hashtag

Hal terakhir dalam daftar adalah tagar . Secara konsisten memasukkan hashtag di bagian deskripsi atau komentar pada posting Anda adalah strategi utama untuk meningkatkan keterlibatan di akun Anda.

Saat pengguna mengklik hashtag tertentu, mereka menuju ke feed yang sama sekali berbeda dengan setiap posting yang menyertakan hashtag itu.

Artinya, postingan Anda dapat ditemukan oleh audiens baru yang mungkin belum berinteraksi dengan akun Anda.

Untuk menentukan hashtag mana yang akan digunakan, periksa pesaing Anda , influencer di niche Anda, dan hashtag yang digunakan pengikut Anda.

Iklan Berbayar di Instagram

Selain menumbuhkan pengikut Anda secara organik, Anda juga dapat membuat iklan berbayar di Instagram. Iklan akan muncul di umpan berita audiens yang Anda targetkan seperti gambar dan video dari akun yang mereka ikuti.

Pilih satu foto atau video untuk menyorot produk tertentu atau mempromosikan koleksi dengan galeri. Anda juga dapat mempromosikan iklan di Instagram Stories.

Yang Anda butuhkan untuk mulai membuat iklan berbayar di Instagram adalah akun Iklan Facebook untuk menambahkan saluran dari halaman Manajer Bisnis Anda. Dari sini, semuanya beroperasi pada sistem yang sama dengan iklan Facebook.

Melacak Kemajuan Anda di Instagram

Seperti apa pun dalam pemasaran, sangat penting untuk melacak kemajuan Anda dari waktu ke waktu dan membuat penyesuaian untuk meningkatkan kinerja .

Beberapa KPI yang perlu dipikirkan di Instagram meliputi:

  • Pengikut : total, pertumbuhan, dll.
  • Keterlibatan : suka, komentar, posting ulang, tampilan, dll.
  • Visibilitas: tayangan, jangkauan, dll.
  • Konversi: klik-tayang, lalu lintas rujukan, penjualan, dll.

Mengetahui proporsi orang yang melihat profil Anda dibandingkan dengan jumlah pengikut yang Anda dapatkan juga dapat bermanfaat dalam menentukan apakah Anda perlu meningkatkan keterlibatan Anda untuk membuat lebih banyak pengikut dari orang-orang yang hanya melihat profil Anda.

Ringkasan: Cara Menggunakan Instagram untuk Bisnis

Sekarang Anda memiliki elemen dasar untuk memutuskan cara menggunakan Instagram untuk bisnis. Bersabarlah dan berikan diri Anda waktu yang Anda butuhkan untuk mengubah akun Anda menjadi mesin pendorong pendapatan.

  1. Mulailah dengan mengatur akun Anda dengan nama pengguna, foto profil, bio Instagram, dan tautan dengan parameter pelacakan.
  2. Buat strategi konten untuk membantu menginformasikan kalender konten Instagram Anda, irama penerbitan, tagar, dan penargetan.
  3. Ingatlah untuk mengikuti dan terlibat dengan akun lain, terutama di awal.
  4. Bangun pengikut secara organik dan kemudian bereksperimen dengan iklan Instagram bertarget untuk menjangkau audiens yang Anda tuju.
  5. Jangan lupa untuk melacak kinerja Anda dari waktu ke waktu. Pengoptimalan adalah kunci untuk memastikan Anda menghasilkan sebagian besar ROI untuk upaya Anda.
error: