Cara Membuat Video Youtube Dengan Mudah Dengan 7 Langkah

Cara Membuat Video Youtube Dengan Mudah Dengan 7 Langkah

Ingin Tau cara membuat video youtube? nah jika ya, lanjutkan membaca pada halaman ini karena berisi bagaimana cara membuat video youtube  dengan mudah bagi pemula

Youtube adalah platform media sosial khusus video terbesar dengan sebanyak 2 miliar pemirsa setiap bulan. Itu adalah basis pengguna besar yang dapat Anda manfaatkan dengan membuat saluran YouTube dan berbagi video.

Dan, meskipun ini adalah platform khusus video, masih banyak yang dapat Anda lakukan hanya dengan membuat video. Video adalah salah satu jenis konten yang paling menarik dan juga sangat serbaguna. Dan ada banyak ide video YouTube yang bisa Anda coba.

Namun, tidak mudah untuk hanya membuat saluran YouTube dan sukses dalam semalam. Butuh banyak waktu dan upaya untuk menjalankan saluran yang sukses. Tapi, dengan taktik yang tepat, Anda akan memulai dengan benar.

Berikut dibawah ini adalah cara membuat Chanel Youtube

cara membuat channel youtube

Cara Membuat Chanel Youtube Dalam 7 Langkah

1. Buat Video Youtube Anda: Dasar-dasar

Jika Anda memiliki akun Google, Anda cukup masuk menggunakan itu dan Anda tidak perlu membuat akun YouTube baru. Jika tidak, cukup klik “daftar” dan buat akun bisnis YouTube .

Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengisi informasi Anda, memilih nama, menambahkan gambar sampul, dll.

Nama profil channel youtube

Memilih nama profil itu penting karena itu akan tetap bersama Anda. Tidak disarankan untuk terus mengubah nama akun Anda.

Oleh karena itu, Anda harus memilih salah satu yang akan tetap relevan dengan saluran Anda, bahkan saat saluran Anda berkembang.

Buat nama yang menggambarkan Anda atau tentang saluran Anda. Jangan terlalu lama. Dan, cobalah membuatnya menarik, sesuatu yang membuat orang ingin menjelajah lebih banyak.

Gambar Sampul channel youtube

Tugas selanjutnya adalah memilih gambar sampul yang menyenangkan dan menarik yang relevan dan menarik. Tujuannya di sini juga untuk menggunakan sesuatu yang akan menarik perhatian audiens Anda.

Tentang Bagian di channel youtube

Ini adalah bagian di mana Anda dapat mendeskripsikan tentang apa saluran Anda dan memberikan informasi berguna lainnya.

Ini adalah tempat yang brilian untuk menceritakan kisah merek Anda dan memberi kesan yang baik pada audiens Anda. Anda juga dapat menggunakan ruang ini untuk memberikan kontak Anda dan informasi bisnis lain yang relevan.

2. Lakukan Riset

Sebelum Anda mulai membuat konten untuk saluran YouTube Anda, penting untuk memahami siapa yang akan Anda targetkan.

Itulah mengapa penting untuk melakukan penelitian menyeluruh dan mendapatkan pemahaman tentang audiens target Anda.

Meskipun Anda mungkin membuat saluran YouTube baru, Anda masih bisa mendapatkan wawasan ini dari platform lain.

Situs web Anda, misalnya, dapat memberikan banyak informasi tentang pelanggan Anda saat ini dan apa preferensi mereka.

Akun media sosial lain juga dapat memberi Anda wawasan pemirsa yang berharga yang dapat Anda manfaatkan untuk saluran YouTube Anda juga.

3.Rencanakan dan Unggah Konten

Ada banyak sekali perencanaan yang dilakukan untuk membuat konten untuk YouTube dan tidak sesederhana hanya memposting video secara acak. Anda perlu memilih jenis video yang ingin Anda buat untuk audiens Anda.

Anda juga harus membuat rencana ke depan dan memiliki saluran, (seperti kalender konten, tetapi untuk YouTube), siap. Ini akan membantu memastikan bahwa Anda memposting secara teratur dan tidak kehabisan ide.

Memiliki rencana yang jelas juga akan membuat segalanya lebih mudah dan membantu Anda menghindari tantangan di saat-saat terakhir.

Adapun jenis kontennya, itu tergantung pada jenis bisnis Anda dan audiens Anda.

Misalnya, perusahaan berbasis produk mungkin menemukan bahwa video tutorial berfungsi dengan baik untuk bisnis mereka.

Namun, hal yang sama mungkin tidak berlaku untuk perusahaan jasa dan mereka mungkin lebih tertarik untuk menceritakan kisah merek mereka atau menciptakan kesadaran.

Influencer akan memposting video dari niche mereka dan mungkin menemukan bahwa vlog adalah apa yang ingin mereka fokuskan. Secara keseluruhan, pertimbangkan bisnis dan audiens Anda sebelum membuat video.

Dan, selalu rencanakan beberapa topik dan video ke depan, sehingga Anda tidak ketinggalan memposting hanya karena Anda tidak punya ide bagus.

 4. Cara Membuat Video Youtube Dengan Mengoptimalkan Judul dan Deskripsi Video Anda

YouTube bukan hanya platform berbagi video, tetapi mesin pencari video terbesar di dunia. Sama seperti SEO berfungsi untuk situs web Anda, SEO YouTube berfungsi untuk saluran YouTube Anda.

Anda harus mengoptimalkan saluran YouTube Anda untuk kata kunci agar mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian untuk kata kunci tersebut.

Dan, karena saluran hanya memiliki konten video, judul dan deskripsi adalah tempat terbaik untuk menggunakan kata kunci tersebut.

Anda harus selalu memasukkan kata kunci utama dalam judul video Anda. Selain itu, buat judul Anda tetap pendek, relevan dengan konten dalam video, dan menarik.

Demikian pula, deskripsi video YouTube juga harus dioptimalkan untuk kata kunci. Dan, karena batas karakternya lebih tinggi, Anda dapat menambahkan kata kunci utama serta sekunder di sana.

Deskripsi video juga dapat digunakan untuk banyak tujuan lain. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan deskripsi video Anda:

  • Tulis deskripsi yang mendeskripsikan konten video Anda dengan jelas dan tepat dengan cara yang menarik lebih banyak penayangan.
  • Jangan mengungkapkan terlalu banyak detail dan membuat orang penasaran untuk mengetahui lebih lanjut dengan menonton videonya.
  • Gunakan kata kunci berekor panjang karena mirip dengan apa yang sebenarnya diketik orang untuk mencari video.
  • Tambahkan hashtag yang relevan ke deskripsi video Anda karena membantu mengkategorikan video dan meningkatkan SEO Anda.
  • Buat kalimat dan paragraf singkat agar deskripsi Anda mudah dibaca dan ramah seluler.
  • Anda juga dapat menggunakan deskripsi Anda untuk mengarahkan orang ke sumber daya berguna lainnya seperti video serupa atau terkait dengan menambahkan URL.
  • Deskripsi video juga dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda jika Anda menyertakan tautan situs web Anda dalam deskripsi.
  1. Integrasikan dengan Akun Media Sosial Lain dan Situs Web Anda

Hanya membuat saluran YouTube dan mendapatkan pelanggan bukanlah tujuan akhir bagi kebanyakan bisnis. Bagaimanapun, media sosial hanyalah cara lain bagi Anda untuk mencapai tujuan pemasaran yang lebih besar seperti meningkatkan lalu lintas dan mendorong penjualan.

Dan, untuk itu, Anda perlu menemukan cara-cara kreatif untuk mengarahkan pemirsa YouTube Anda ke situs web Anda atau platform lain.

Ada beberapa cara untuk melakukannya, kamu dapat menambahkan tautan ke situs web Anda dan akun media sosial lainnya di bagian “Tentang”. Anda dapat menempatkan link ke halaman produk dan layanan tertentu dalam deskripsi video Anda.

Anda juga dapat menyematkan tautan profil sosial Anda dalam bentuk tombol berbagi sosial, tepat di gambar sampul Anda, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Dan, tentu saja, Anda selalu dapat menambahkan tautan dalam bentuk CTA di akhir video YouTube Anda.

Gunakan satu atau lebih ini untuk menempatkan tautan akun media sosial Anda dan tautan situs web di saluran YouTube Anda dan mengarahkan lalu lintas ke tempat yang Anda inginkan.

 6. Promosi Silang di Platform Lain

Hanya membuat konten yang bagus tidak selalu berarti sukses. Anda dapat menjalankan saluran YouTube terbaik di ceruk pasar Anda, tetapi orang-orang bahkan tidak akan mengetahuinya kecuali Anda mempromosikannya.

Meskipun mengoptimalkan saluran Anda untuk SEO YouTube berfungsi dengan baik untuk meningkatkan kemampuan untuk ditemukan, itu saja tidak cukup.

Butuh waktu dan tenaga untuk membuat konten video yang bagus dan pantas untuk dipromosikan dengan cara yang benar.

Ini berarti Anda juga harus mempromosikan video individu Anda di platform lain. Anda dapat memposting video teaser tentang video yang akan datang atau mengintip melalui postingan Instagram.

Untuk meningkatkan jangkauan video Anda dan mendapatkan lebih banyak penayangan, merupakan praktik yang baik untuk melakukan lintas promosi di saluran lain.

Berikut adalah contoh YouTuber pemula yang mempromosikan video pertamanya di akun Instagram miliknya yang sudah mapan.

 7. Analisis dan Tingkatkan

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, analisis kinerja Anda untuk mendapatkan pemahaman tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak.

YouTube memiliki alat analitik bawaan yang dapat Anda gunakan untuk memahami kinerja akun dan video individu Anda.

Anda dapat memperoleh wawasan tentang audiens Anda termasuk demografi dan minat utama mereka. Ini juga memberikan informasi tentang kata kunci pencarian yang diperingkat video Anda.

Ini adalah informasi yang sangat berguna karena membantu menyempurnakan strategi SEO Anda.

Berikut tangkapan layar antarmuka yang menunjukkan berbagai tab dan jenis wawasan yang bisa Anda dapatkan.

Semakin baik Anda memahami audiens dan performa akun Anda saat ini, semakin Anda dapat meningkatkannya di masa mendatang.

Cara Membuat Channel Youtube dan Menjalankan saluran yang sukses membutuhkan upaya kerja keras. Semakin Anda menyempurnakan strategi Anda, semakin baik kinerja masa depan Anda.

Pikiran Akhir

Ini adalah beberapa hal utama yang perlu Anda ketahui untuk cara membuat video Youtube yang sukses. Gunakan tips ini untuk menyiapkan saluran Anda, mengoptimalkannya untuk mendapatkan peringkat video Anda, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Ini sangat membantu jika Anda baru mengenal YouTube dan memulai dari awal. Ini akan membantu Anda membuat awal yang baik dan menyiapkan Anda untuk sukses.

error: