Cara membuat Blog Gratis Bagi Pemula Dalam 7 Langkah Dengan Mudah

Cara membuat Blog Gratis Bagi Pemula Dalam 7 Langkah Dengan Mudah

Kami menunjukkan kepada Anda cara membuat blog dari awal dengan mudah hanya dalam tujuh langkah menggunakan beberapa platform pembuatan situs web gratis dan yang sangat popular

Ingat seperti apa blog di masa-masa awal internet? Mereka adalah situs web yang membosankan dan tidak menarik yang biasa digunakan orang untuk menuliskan semua detail duniawi dalam hidup mereka.

Namun, saat ini, blog sangat popular dan dalam beberapa kasus sangat sukses dan setiap orang memilikinya, Membuat blog sendiri itu mudah, terutama jika Anda menggunakan pembuat situs web.

Anda akan dapat membuat blog yang luar biasa dan menarik, tempat Anda dapat menyimpan semua karya, pemikiran, perasaan, dan foto dalam hitungan menit – tanpa perlu penyiapan atau pengalaman pengkodean yang rumit.

Anda dapat menggunakan blog untuk segala macam tujuan. jika mau, menggunakannya seperti buku harian digital. Atau dapat menggunakannya sebagai platform peningkatan karier untuk memamerkan keterampilan menulis, fotografi, atau videografi Anda.

Sebuah blog bisa menjadi portofolio interaktif yang terlihat profesional, dan membuatnya bisa lebih mudah dari yang Anda pikirkan.Atau mungkin, Anda ingin pekerjaan aktual Anda menjadi blogger.

Itu adalah pendapatan yang hanya bisa bertahan beberapa orang hanya lima tahun yang lalu, tetapi blogger adalah bisnis besar saat ini – dengan pengiklan yang ingin menargetkan influencer dengan audiens yang dapat dipercaya.

Jadi, bagaimana cara membuat blog? Kami akan menjelaskan dalam tujuh langkah sederhana, semua yang perlu Anda lakukan untuk membuat blog, dan platform blog terbaik untuk digunakan.

Cara membuat Blog Gratis Bagi Pemula Dalam 7 Langkah Dengan Mudah

7 Langkah Cara Membuat Blog Gartis Bagi Pemula

1. Dapatkan Inspirasi dari Blog lain

Jika Anda ingin membuat blog, tempat yang baik untuk memulai adalah melihat-lihat blog lain yang mencakup hal-hal yang sama yang ingin Anda liput. Ini bisa apa saja mulai dari perjalanan, mode, hingga politik.

Jika seseorang melakukan hal yang sama dengan yang Anda ingin lakukan, pikirkan bagaimana Anda bisa membuatnya lebih baik atau melakukannya dengan cara berbeda.

Ini bukan tentang meniru pekerjaan orang lain – ini tentang menemukan inspirasi dan melihat apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik, dan unik

Perlu memperhatikan setiap desain blog, dan cara kerjanya. Ini akan membantu Anda membuat blog yang mudah dinavigasi dan semudah mungkin. Ini akan membuat lebih banyak orang mengunjungi situs web Anda, dan berharap untuk kembali.

2. Pilih Platform Blogging Anda

Salah satu keputusan terpenting yang dapat Anda buat adalah memilih alat yang tepat untuk membuat blog Anda. Tidak pernah semudah ini membuat dan menerbitkan situs web yang terlihat profesional sendiri, berkat alat sederhana yang disebut pembuat situs web.

Ini bukan perangkat lunak yang hidup di komputer Anda – Anda mengakses pembuat situs web melalui browser, masuk ke akun Anda. Ini berarti Anda dapat memperbarui blog Anda dari mana saja di dunia dengan mudah.

Di bawah ini, kami mencantumkan flatform terbaik dan populer untuk blogging. Salah satu alat ini akan membantu Anda membangun situs yang gratis, Ini memiliki fungsionalitas dan kemudahan penggunaan yang luar biasa untuk pemula seperti

  • WordPress.com

WordPress.com adalah versi gratis dari WordPress. Ini adalah layanan hosting blog yang memberi Anda akses blog yang sangat dasar.

Dengan biaya tambahan, Anda dapat menambahkan fitur seperti nama domain kustom dan plugin. Tidak ada penyiapan yang diperlukan untuk versi ini, dan ini sangat jelas. Tetapi sulit untuk berkembang dengan platform ini.

  • Blogger

Cepat, mudah, dan gratis, Blogger sangat bagus untuk non-teknisi yang ingin memulai perjalanan blog mereka.

Kemudahan penggunaannya menjadikan platform ini pilihan yang mudah bagi pemula yang sama sekali tidak tahu cara menyesuaikan atau mendesain blog.

Tetapi jika Anda adalah blog yang ingin berkembang, Blogger bukanlah pilihan yang tepat karena Anda tidak dapat menambahkan fitur tambahan apa pun.

  • Medium

Medium adalah tempat yang tepat bagi penulis yang ingin menjadi bagian dari komunitas. Ini mudah digunakan dan tidak memerlukan pengkodean ekstensif untuk disesuaikan.

Jika Anda menggunakan Medium, Anda lebih fokus pada konten Anda dibandingkan dengan pemeliharaan situs web.

Anda diberi sedikit kendali atas blog Anda dengan Medium, dan tidak dapat menggunakannya untuk iklan atau konten berbayar.

  • Tumblr

Tumblr adalah untuk blogger yang tidak ingin menjadikan blog sebagai prioritas utama. Ini gratis, meskipun Anda dapat membayar untuk tema khusus agar blog Anda menonjol. Dan Anda dapat mengupload berbagai jenis konten.

Tetapi pada akhirnya, ini lebih merupakan jejaring sosial tempat Anda dapat berbagi konten orang lain, dan mereka dapat membagikan konten Anda di platform.

3. Buat Akun

Setelah Anda memilih platform blog Anda, Anda harus membuat akun. Biasanya ini dengan email dan kata sandi, tetapi beberapa platform akan membiarkan Anda masuk dengan akun Google yang ada – membuat prosesnya lebih cepat.

Blogspot dan WordPress menawarkan paket gratis tanpa batas, jadi Anda tidak perlu membayar apa pun untuk mendapatkan blog dengan dua platform ini

4. Pilih Nama Untuk Blog Anda

Dengan akun Anda yang belum digunakan, Anda harus memilih nama untuk blog dan nama domain. Ada baiknya mencoba membuat domain dan nama situs web Anda mudah diingat – ini akan membantu Anda mengembangkan blog dan membuat orang datang kembali ke situs Anda.

Anda tidak menginginkan sesuatu yang terlalu panjang, dan meskipun Anda dapat menggunakan nama Anda sendiri, hal itu kemungkinan tidak akan menjadi yang paling berkesan – semua orang tahu betapa sulitnya mengingat nama!

5. Pilih Template Blog Anda

Anda telah memilih penyedia blog Anda, membuat akun dan nama blog Anda. Sekarang bagian yang menyenangkan dimulai dengan memilih template.

Saat Anda membuat blog, biasanya Anda menginginkan tema yang akan menyoroti posting blog terbaru dan penting di beranda Anda, daripada membuatnya dipisah-pisahkan di halaman dan bagian berbeda dari situs Anda – ini sangat penting untuk membantu orang menemukan konten Anda dengan cepat dan mudah.

Sebagian besar blog saat ini cenderung menampilkan banyak gambar spanduk beresolusi tinggi di sepanjang bagian atas halaman, jadi ada baiknya memiliki beberapa foto bagus yang siap digunakan jika Anda memilih salah satu dari template

Template Anda juga perlu dioptimalkan untuk seluler. Artinya, blog Anda akan menyesuaikan dengan ukuran perangkat yang digunakan seseorang untuk membacanya. Sebagian besar templat pembuat situs web saat ini dioptimalkan untuk seluler, tetapi perlu diperiksa ulang, hanya untuk memastikan.

6. Mulailah Mengedit 

Tentu saja, hanya karena Anda telah memilih template blog Anda, bukan berarti ini adalah akhir dari desainnya.

Sekarang Anda dapat mengubah dan mengubah aspek template blog Anda, apakah itu mengubah ukuran teks di beranda, atau mengubah jenis halaman yang Anda miliki di situs Anda.

7. Mulailah Menulis!

Jadi, sekarang semua pengaturan sudah selesai, sebenarnya, mulailah menulis posting blog Anda! Anda juga tidak perlu bingung tentang seberapa sukses tulisan Anda.

Sebagian besar pembuat situs web memiliki alat analitik situs bawaan, sehingga Anda dapat melihat sekilas berapa banyak orang yang terlibat dengan kiriman Anda.

Anda dapat dengan mudah menambahkan tombol media sosial dan fungsi berbagi, sehingga pembaca Anda dapat menyebarkan berita tentang konten Anda yang hebat

Bagaimana Blogger Mendapatkan Bayaran?

Anda dapat membuat blog tentang apa saja  sesuai dengan keahlian yang kamu miliki dan semuanya terserah kreativitas dan imajinasi Anda sendiri.

Kemudian Anda akan dibayar baik melalui pemasaran afiliasi atau mengiklankan produk dan layanan di blog Anda. Anda juga dapat melakukan kolaborasi berbayar dengan merek, tergantung pada ceruk pasar Anda

Jadi, berapa banyak uang yang dihasilkan blogger? Itu tergantung berapa banyak lalu lintas yang mereka lihat atau klik pada iklan, jumlah pembelian yang mereka dorong untuk pemasar afiliasi, dll.

Konon, bagi banyak orang, memulai blog bukanlah tentang apa yang akan Anda dapatkan di masa depan – dan jika tujuan utama Anda adalah menghasilkan uang, Anda mungkin akan gagal.

Anda harus bersemangat dengan konten yang anda tulis, harus menikmati proses kreasi kreatif dan terlibat dengan komunitas yang akan tulis.

Dalam arti tertentu, blogging adalah seni. Itu adalah bentuk ekspresi. Ini adalah jalan kekayaan kreatif

Jangan lakukan itu demi uang, ketenaran dan jangan lakukan itu untuk kesepakatan atau keuntungan finansial. Lakukan yang Anda sukai dan sisanya akan menyusul. Dan kami ingin membantu Anda memulai dibawah ini

Bagaimana cara menjalankan dan mengembangkan blog Anda secara profesional?

Bagaimana cara menjalankan dan mengembangkan blog Anda secara profesional?

Memiliki blog saja tidak cukup! Sekarang Anda harus membuat orang lain mengikuti dan membacanya! Ini tantangan, tapi kami akan membantu Anda mengatasinya. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan

1. Kenali Pembaca Anda

Anda perlu tahu kepada siapa Anda menulis. Hanya jika Anda mengetahui penerima konten Anda, barulah Anda dapat menulisnya dengan cara yang menarik, menarik, dan, yang paling penting, efektif.

Buat daftar informasi sebanyak mungkin tentang kelompok sasaran Anda dan pembaca blog biasa. Apakah Anda menulis untuk wanita atau mungkin untuk pria? Lebih muda, lebih tua, atau paruh baya? Penduduk kota atau desa?

Jika topik blog Anda adalah pemuliaan tanaman pertanian, Anda tidak akan menuliskannya kepada penduduk kota!

Demografi saja tidak cukup! Pikirkan sejenak – apa hari seorang pembaca blog pada umumnya? Dimana dia bekerja dan apa pekerjaannya? Apa masalah umumnya? Bagaimana dia menghabiskan waktunya ketika dia sedang istirahat?

Temukan informasi sebanyak mungkin tentang pembaca Anda dan tuliskan di selembar kertas atau di dokumen terpisah di komputer Anda – sehingga Anda tidak kehilangannya. Setelah Anda mengetahui dengan siapa Anda berkomunikasi, konten Anda akan jauh lebih baik!

2. Sesuaikan Bahasa Dengan Audiens Anda

Nasihat ini terkait dengan yang sebelumnya. Karena Anda sudah memiliki informasi tentang audiens Anda, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan konten dan bahasa komunikasi Anda dengan mereka.

Penting bagi Anda untuk menulis tentang topik yang penting bagi mereka – topik yang menarik bagi mereka, berharga bagi mereka, atau membantu mereka memecahkan masalah mereka yang sebenarnya. Dengan cara ini Anda akan membuat mereka penasaran! Dan ingat – di Internet, kita semua adalah “Kamu”

3. Rencanakan Apa Yang Akan Anda Tulis

Ini penting – Anda tidak ingin menghindari situasi di mana Anda tidak tahu harus menulis apa! Merencanakan jadwal publikasi konten akan memungkinkan Anda membuat konten berharga selangkah demi selangkah dan menguji operasinya pada penerima Anda

Plus, Anda tidak akan kehabisan ide! Gunakan Buzzsumo dan Alexa yang telah disebutkan dalam teks ini untuk melihat konten apa yang paling populer di Internet!

4. Buat Konten Yang Unik

Anda tidak dapat membuat konten yang sama dengan orang lain. Maka Anda tidak akan pernah mendapatkan hasil pencarian yang tinggi dan tidak ada yang akan membaca blog Anda!

Tapi ada tip. Coba cara lain untuk menulis tentang topik yang menarik. Anda akan menemukan banyak artikel di Internet yang dimulai dengan “Bagaimana Cara…”. Tidak heran – topik seperti itu sangat populer dan mudah dibaca oleh penonton.

Dalam kasus ini, buat artikel berjudul “Bagaimana TIDAK untuk …” dan buat daftar kesalahan paling umum yang akan Anda peringatkan kepada pembaca Anda!

5. Bagilah Konten Anda Menjadi Beberapa Bagian Yang Lebih Kecil

Tidak ada yang suka membaca studi panjang di Internet. Apakah Anda ingin menyelesaikan topik dan memberikan semua pengetahuan yang berharga kepada pembaca? Baik sekali!

Namun alih-alih membuat satu postingan panjang, buat beberapa postingan kecil yang berfokus pada topik tertentu dalam suatu topik.

Dengan cara ini, Anda akan membuat lebih banyak artikel dan mengisi blog Anda dengan konten yang berharga.

Anda akan meningkatkan jumlah kata kunci yang akan menempatkan blog Anda oleh mesin pencari. Ini akan menghasilkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian dan lebih banyak lalu lintas organik!

6. Ikuti industri Anda dengan cermat

Apakah Anda ingin menjadi ahli dalam topik tertentu? Jadi, Anda harus mencermati apa yang terjadi di industri Anda! 

Pembaca Anda akan mengharapkan Anda untuk memberi mereka konten yang berharga tentang topik yang paling menarik, dan seringkali topik terbaru!

Dengan melacak industri, Anda tidak akan pernah kehabisan ide tentang apa yang akan dipublikasikan! Selain itu, Anda perlu mengikuti dengan cermat apa yang ditulis oleh blogger lain di industri Anda.

Jangan perlakukan mereka sebelumnya sebagai kompetisi – sebaliknya, mereka bisa menjadi mitra untuk promosi bersama!

Jadi bacalah blog mereka, komentari, kirim tautan ke artikel Anda sendiri, cetuskan diskusi – dengan kata lain, dapatkan perhatian, dan tunjukkan bahwa Anda memiliki sesuatu yang berharga untuk dikatakan tentang topik ini! Anda akan mendapat untung darinya di masa depan!

7. Promosikan Konten Anda!

Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui komentar di blog lain. Anda dapat mengundang orang untuk membaca artikel Anda di berbagai forum tematik.

Promosikan melalui profil media sosial pribadi Anda, undang teman Anda untuk membacanya. Anda juga dapat mengatur profil terpisah di media sosial ini akan berguna bagi Anda, terutama ketika jumlah pembaca Anda mulai bertambah.

Anda akan menemukan grup seperti ini di Facebook, Reddit, atau Quora. Namun, setiap tempat di mana Anda dapat mempromosikan blog Anda dapat terbukti bermanfaat bagi Anda!

error: