Cara Membuat Blog Di WordPress Bagi Pemula Dengan 9 Langkah

Cara Membuat Blog Di WordPress Bagi Pemula Dengan 9 Langkah

Bagi yang ingin mempunyai blog gratis dan berbayar dengan worpress disini kami akan berbagi cara membuat blog di wordpress dengan mudah bagi pemula.

Memiliki situs web sendiri adalah kebahagiaan bagi bisnis Anda, terutama di dunia pasca-COVID, di mana kehadiran online Anda sangat berarti.

Situs web adalah platform yang efisien untuk menjual produk dan layanan Anda, membangun basis pelanggan, dan meningkatkan skala bisnis Anda dalam jangka panjang.

Apakah Anda masih berpikir situs web menghabiskan banyak sumber daya dan membutuhkan keterampilan pengkodean?

Saat ini, siapa pun yang memiliki keterampilan komputer dasar dapat membuat situs web. Saya tahu ini tampak menakutkan pada awalnya, tetapi alat modern telah menyederhanakan proses di mana Anda dapat memulai dan menjalankan situs web Anda tanpa masalah atau memerlukan keahlian pengkodean .

Meskipun ada banyak platform yang tersedia seperti Blogger , Medium, Webly dan pembuat situs web lainnya, WordPress menonjol di antara yang lainnya.

Ini adalah antarmuka yang mudah digunakan yang dikemas dengan fitur dan fungsi canggih. Karenanya, ini telah menjadi alat bantu setiap orang untuk membangun situs web yang menakjubkan dari awal.

Jadi, jika Anda pernah mendengar tentang WordPress, tetapi tidak tahu bagaimana memulainya. Disini kami akan membantu anda dalam cara membuat blog di wordpress

Pada artikel ini, saya akan membagikan kepada Anda proses langkah demi langkah untuk membuat situs web di WordPress, tidak masalah jika Anda memiliki pengetahuan nol pengkodean.

Jadi Apa Sebenarnya WordPress Itu, Dan Mengapa Anda Membuat Blog Di WordPress

WordPress adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dapat Anda gunakan untuk membangun situs web, aplikasi, atau membuat blog. Ini pada dasarnya adalah Sistem Manajemen Konten (CMS) dan dilengkapi dengan sistem template dan arsitektur plugin.

Hasilnya, ini membuka jalan untuk menyesuaikan situs web Anda ke tingkat yang lebih tinggi sehingga Anda dapat melengkapi tampilan dan nuansanya yang disesuaikan dengan bisnis Anda.

Baik Anda ingin membuat toko online, blog, portofolio, atau situs web bisnis untuk menjual layanan Anda, ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Saat ini, 38% internet memanfaatkan WordPress, mencakup beberapa situs berita teratas hingga blog pribadi

Beberapa atribut jika membuat blog di WordPress:

  • Desain yang dapat disesuaikan sepenuhnya
  • 55.000+ plugin untuk pengalaman situs yang sempurna
  • Lebih dari 3.000 tema cantik dan profesional
  • Ramah SEO
  • Performa tinggi
  • Daya tanggap seluler
  • Keamanan yang ketat
  • Dasbor yang kuat
  • Dapat diakses dan mudah
  • Komunitas yang kuat dengan ratusan ribu pemilik situs, pembuat konten, dan pengembang tersebar di seluruh dunia

Selain fakta bahwa WordPress GRATIS untuk digunakan, WordPress juga mendukung banyak layanan hosting dengan MySQL dan PHP. Selain itu, mereka terus memperbaruinya dengan versi WordPress baru untuk meningkatkan keamanan, meningkatkan kinerja, dan menambahkan fitur baru.

Tapi tunggu….

Apakah Anda bertanya-tanya apakah saya mengatakan WordPress GRATIS untuk digunakan, dan Anda mendengar orang membayar untuk situs web yang dibuat di WordPress?

Bersiaplah untuk menghapus semua kebingungan Anda karena saya akan menjelaskannya di bagian selanjutnya.

WordPress.org vs. WordPress.com

Anda dapat menghosting situs WordPress Anda dengan dua cara, melalui:

  • WordPress.org
  • WordPress.com

Perbedaan di antara mereka ada karena satu hal – siapa yang menghosting situs WordPress Anda .

1. WordPress.org 

adalah platform non-komersial dan situs utama tempat Anda dapat mengunduh perangkat lunak WordPress, menemukan plugin dan tema gratis, membaca panduan langkah demi langkah, berdiskusi di forum, dan banyak lagi.

Ini adalah solusi yang dihosting sendiri. Untuk ini, Anda perlu membeli nama domain dan hosting web dari pihak ketiga yang mengharuskan Anda membayar jumlah tertentu berdasarkan layanan yang Anda pilih.

2. WordPress.com 

di sisi lain, dimiliki oleh Automattic & Matt Mullenberg, pembuat WordPress. Ini adalah layanan berbasis langganan dan dilengkapi dengan akun gratis dan berbayar. Di sini, Anda tidak perlu membeli nama domain atau hosting web dari pihak ketiga.

Dengan akun gratis, Anda akan mendapatkan nama domain Anda, seperti ini: yourwebsite.wordpress.com. Anda dapat meningkatkan paket Anda kapan pun Anda mau dengan membayar paket apa pun dari mereka

Mulai dari $ 2,99 / bulan, ditagih setiap tahun. Anda mendapatkan nama domain khusus bersama dengan begitu banyak fitur berguna lainnya untuk situs web Anda.

Saya harap kebingungan menguap saat Anda membaca penjelasan ini.

Jadi, pertanyaannya sekarang muncul,

Apa yang harus Anda pilih di antara keduanya?

Meskipun WordPress.com menawarkan fitur, penyesuaian, dan kontrol yang canggih, opsinya terbatas di sini. Plus, jika Anda tidak menyukai layanan ini karena alasan apa pun, Anda akan terjebak lagi.

Jika Anda bertanya kepada saya, saya akan memilih hosting sendiri.

Ini memberikan kontrol penuh atas semua yang ada di situs Anda dan menguntungkan dalam jangka panjang saat Anda memonetisasinya, tanpa membatasi Anda. Plus, Anda memiliki opsi untuk mengubah host Anda kapan saja jika Anda tidak puas dengan layanannya.

Selanjutnya, mari kita cari tahu proses langkah bijak dalam membuat situs web WordPress dari awal yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Membuat Blog Mengunakan WordPress

Cara Membuat Blog Di WordPress Dengan 9 Langkah Mudah

1. Daftarkan Nama Domain

Hosting Unlimited Indonesia

Cara membuat blog di wordpress yang pertama memilih dan mendaftarkan nama domain anda, Nama domain mengacu pada alamat online situs Anda yang diketik orang untuk mengunjungi situs Anda.

Sederhananya, ini adalah alamat situs atau URL Anda, yang merupakan langkah pertama untuk membuat situs web Anda. Ini mirip dengan alamat rumah Anda, yang menunjukkan di belahan dunia mana rumah Anda berada.

Untuk mendapatkan nama domain, Anda dapat menghubungi penyedia nama domain secara online seperti niagahoster, dll.

Atau, Anda juga dapat memeriksa beberapa paket hosting niagahoster yang dapat memberikan nama domain gratis dengan paket hosting tersebut.

Kiat pro untuk memilih nama domain situs Anda:

  • Nama domain harus relevan dengan konten situs Anda.
  • Coba sertakan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda jika memungkinkan dan terdengar bagus. Misalnya, jika saya membuat blog teknologi, saya dapat menyertakan kata kunci seperti “tech”, “techno”, dll.
  • Buatlah tetap singkat dan sederhana.
  • Pilih ekstensi yang sesuai seperti .com, .org, .net, dan lainnya. Mereka menyampaikan beberapa arti khusus; misalnya, .com digunakan untuk komersial sedangkan .org untuk organisasi. Jadi, pilihlah berdasarkan tentang apa situs web Anda.

2. Beli Web Hosting

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Yang ini, saya beri tahu Anda, adalah salah satu langkah terpenting saat membuat situs web Anda. Ini memainkan peran utama dalam menentukan bagaimana kinerja situs Anda, keamanannya, dan seberapa banyak Anda dapat mengekstrak manfaat darinya.

Saat Anda menjelajahi penyedia hosting web seperti NIAGAHOSTER Anda dapat melihat mereka menyediakan berbagai jenis layanan paket hosting seperti:

Pilihan paket hosting

  1. Paket Pemula(Disk space 500MB, unlimited bandwidth, gratis SSL, Rp 10.000/bulan) – Cek info Lengkap
  2. Paket Pelajar(Disk space unlimited, 10 add-on domain, gratis domain, Rp 40.000/bulan) – Lihat info Lengkap
  3. Untuk Personal(Disk space unlimited, unlimited domain, gratis domain, instant backup, promo Rp 26.000/bulan) – Cek info Lengkap
  4. Untuk Bisnis(Disk space unlimited, unlimited databases, gratis domain, auto backup & restore, fitur proteksi spam, Rp 85.000/bulan) – Lihat info Lengkap

Jadi, Anda dapat memilih salah satu dari paket hosting di atas berdasarkan jenis situs web yang ingin Anda buat setelah mengasumsikan kebutuhan akan memori, ruang, dan sumber daya lainnya beserta biayanya.

Kiat Pro Untuk Memilih Web Hosting:

  • Periksa layanan migrasi sehingga Anda dapat memindahkan situs Anda ke hosting lain, jika tidak puas dengan layanan mereka
  • Cari tahu apakah itu mendukung HTTPS dan memberikan sertifikasi SSL untuk keamanan
  • Selalu pikirkan tentang jumlah situs web yang ingin Anda buat sekarang atau punya rencana untuk membuat lebih banyak situs web dalam waktu dekat
  • Versi MySQL dan PHP yang mendukung perangkat lunak WordPress
  • Lihatlah fasilitas backup mereka, layanan dukungan pelanggan, dan etika seperti ramah lingkungan
  • Tingkat dukungan

3. Instal Dan Konfigurasikan WordPress

Cara Membuat Blog WordPress

Setelah Anda membeli nama domain dan hosting web, Anda akan menerima email dari tim dukungan dengan detail yang dapat Anda gunakan untuk mengakses profil Anda dan mulai mengerjakan situs web Anda.

Untuk mempermudah, penyedia hosting terkenal menawarkan penginstalan 1-klik untuk WordPress, di mana Anda dapat menginstal versi terbarunya dalam hitungan menit.

Misalnya, jika Anda memilih niagahoster ini menunjukkan wizard sederhana untuk melanjutkan penginstalan.

  • Di cPanel, scroll ke bawah dan tekan ikon “WordPress”.
  • Anda akan melihat opsi Quick Install untuk mendownload WordPress. Klik “Mulai”.
  • Selanjutnya, pilih nama domain Anda. Di situlah situs WordPress Anda akan dihosting. Klik “Berikutnya”.
  • Masukkan nama situs Anda, kata sandi admin, dan nama pengguna admin. Klik “instal” untuk melanjutkan.

Setelah instalasi Anda selesai, akan muncul pesan – “Instalasi selesai”.

Klik tautan yang disediakan untuk menemukan URL login WordPress Anda bersama dengan kata sandinya.

Situs WordPress baru Anda sudah siap!

Masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk mulai mengerjakan situs web baru Anda

4. Pilih tema dan plugin WordPress

Buat Blog WordPress

Sekarang sampai pada bagian yang menarik, desain, dan penampilan!

Tema meningkatkan tampilan situs web Anda.

Berkat WordPress, ini menyediakan sejumlah besar tema indah untuk melakukan perubahan situs Anda. Ini memiliki banyak templat, tata letak, warna, gaya pemformatan, dan opsi desain lainnya.

Berikan tampilan yang mencolok sekaligus profesional pada situs web Anda, tanpa bantuan desainer profesional.

Jika mau, Anda juga bisa mencari vendor pihak ketiga lainnya seperti….? Themes , yang menyediakan tema premium untuk lebih meningkatkan penampilan.

Demikian pula, Anda dapat memasang beberapa plugin yang berguna ke situs web Anda untuk fungsionalitas tambahan seperti keamanan yang lebih baik, SEO, formulir kontak, Google Analytics , dan banyak lagi.

Saat ini, WordPress menyediakan lebih dari 55.000 plugin yang sepenuhnya GRATIS sesuai keinginan Anda.

Berikut beberapa plugin populer yang bisa Anda coba instal di blog wordpress

  • Yoast SEO untuk membantu Anda dengan SEO pada halaman Anda
  • TablePress untuk memasukkan tabel ke dalam situs Anda
  • Sucuri untuk audit keamanan situs serta perlindungan dari malware
  • WP Super Cache untuk meningkatkan kecepatan situs, dan banyak lagi

5. Tambahkan Halaman Dan Konten Di Blog WordPress Anda

Sekarang desain Anda siap untuk memulai tata letak situs web dengan membuat halaman penting di situs web Anda, seperti:

  • Halaman muka
  • Tentang kami / halaman saya
  • Produk / layanan
  • Halaman kontak
  • Bagian blog
  • Halaman e-niaga seperti persyaratan layanan, kebijakan privasi, kebijakan pengembalian dana, kebijakan pengiriman, dan banyak lagi

Tambahkan konten berkualitas tinggi ke setiap halaman ini. Tapi, harus relevan dan menjelaskan bisnis Anda dalam istilah yang paling sederhana, mudah dibaca dan dimengerti oleh pembaca, hindari jargon.

Terus tambahkan postingan yang terkait dengan niche Anda untuk menumbuhkan jangkauan organik Anda dan perlahan-lahan skala bisnis Anda dengan mengembangkan daftar email Anda dengan buletin dan alat berorientasi konversi lainnya dalam jangka panjang.

6. Sesuaikan situs web

Anda dapat menyesuaikan situs Anda agar lebih menarik dan mudah digunakan.

Halaman statis / dinamis:

  • Anda dapat memilih untuk menjaga konten situs tertentu tetap statis atau dinamis. Misalnya, untuk beranda, Anda dapat membuatnya dinamis agar menarik sementara
  • Anda dapat membuat halaman “tentang kami” menjadi statis.
  • Dan dapat mengubahnya di “pengaturan” dan di bawah “tampilan halaman depan” dan kemudian menyimpan perubahan.

Judul:

  • Sesuaikan judul dan tagline situs web Anda dengan membuka “pengaturan umum”.

Bilah navigasi:

  • Permudah pengunjung Anda untuk menemukan informasi di situs web Anda dengan menyesuaikan navigasi situs Anda.
  • Klik “Penampilan”, diikuti dengan “menu”.
  • Tentukan berapa banyak halaman yang ingin Anda simpan dan sertakan link yang berguna.

Pengaturan komentar:

  • Jangan biarkan pelaku spam menargetkan bagian komentar Anda.
  • Untuk ini, aktifkan opsi moderasi komentar di situs Anda dari “diskusi”
  • Anda telah melakukan segalanya; tetap saja, Anda tidak dapat melihat hasil yang Anda harapkan.

7. Optimalkan konten Anda untuk SEO dan kinerja

Peringkat mesin pencari situs web Anda yang buruk mungkin penyebabnya. Ini tidak berarti Anda harus kembali untuk menyelesaikan kursus pemasaran digital dan kemudian bekerja di situs Anda.

Manfaatkan plugin SEO seperti Yoast SEO, seperti yang dijelaskan di atas, dan optimalkan konten Anda untuk SEO guna meningkatkan visibilitas Anda. Optimalkan tautan permanen, tajuk, judul, subpos, video dan gambar, dan media lainnya.

Demikian pula, kecepatan memainkan peran utama dalam kesuksesan situs web Anda. Karena tidak ada orang yang suka menunggu, jangan biarkan pengunjung keluar dari situs Anda karena kecepatan pemuatan halaman yang buruk.

Baca Juga : 12 Manfaat Website Bagi Bisnis Dan Keberlangsungan Suatu Usaha

Tingkatkan kinerja situs dengan mengaktifkan cache browser untuk menyimpan data situs Anda di browser pengunjung. Ini meningkatkan kecepatan pemuatan situs karena halaman tidak perlu diproses lagi untuk muncul kembali. Selain itu, ada juga plugin yang dapat digunakan untuk percepat situs Anda.

8. Perhatikan Keamanan Situs Web

Anda mungkin tahu betapa rentannya internet. Karena Anda telah membuat situs web dari awal dan merawatnya seperti bayi, Anda tidak ingin ada orang yang merusaknya dengan cara apa pun. Karenanya, jaga keamanan situs Anda dengan menangani beberapa petunjuk penting:

  • Perkuat halaman admin dan halaman login Anda untuk menjaganya dari serangan brute force.
  • Gunakan plugin dan tema hanya dari sumber terpercaya dan resmi.
  • Lakukan pencadangan rutin.
  • Sejalan dengan kepatuhan.
  • Gunakan HTTPS dan bukan HTTP, dan instal sertifikasi SSL.
  • Coba plugin keamanan seperti Wordfence

9. Analisis & Penghasilan

Setelah berusaha keras untuk membangun dan memelihara situs web Anda, selalu cari tahu bagaimana kinerja situs Anda.

Untuk ini, gunakan analisis situs web untuk memahami lalu lintas, rasio konversi, konten, dan metrik lain yang membantu Anda menentukan kekurangan Anda, dan selanjutnya Anda dapat memperbaikinya untuk mencapai lebih banyak kesuksesan.

Anda dapat mencoba Google Analytics dan plugin lain seperti Jetpack untuk tujuan yang sama. Hasilkan keuntungan besar dengan memonetisasi blog dan situs web Anda.

WordPress memungkinkan Anda memasukkan Google Adsense, tautan afiliasi, iklan, spanduk, dll. Selain itu, Anda dapat dengan mulus mengintegrasikan penyedia pembayaran seperti PayPal untuk kemudahan transaksi di seluruh dunia.

Membuat situs web mengunakan wordpress adalah langkah pertama untuk membangun bisnis online yang sukses. Bahkan jika Anda seorang pemula yang ingin membuat situs web tanpa pengetahuan pengkodean, WordPress telah mempermudah Anda.

error: