Cara Membuat Artikel Yang Baik & Menarik Dengan 10 Langkah

Cara Membuat Artikel Yang Baik & Menarik Dengan 10 Langkah

Cara Membuat artikel yang baik membutuhkan dua hal: isi yang bagus dan teknik yang bagus. Ada banyak orang yang harus bersaing saat menulis di internet. Siapa pun dapat menulis sesuatu, mempostingnya, dan menyebutnya sebagai artikel

Di dunia yang penuh dengan kebisingan, bagaimana Anda membuat orang membaca apa yang Anda tulis? 

Dibutuhkan lebih dari sekadar konten bagus dan menarik untuk dibaca. Bagian terpenting dari menulis artikel adalah judulnya. Artikel yang kuat dan bagus mengubah pikiran, mendapatkan pengikut.

cara menulis artikel

Bagaimana Cara Membuat Artikel Online

Menulis artikel ini untuk publikasi online, Artinya, sebagian besar pembaca akan menemukannya melalui mesin pencari. Jadi struktur judul termasuk istilah pencarian populer yang dikenal sebagai “kata kunci”

Memilih kata kunci yang diketik orang ke mesin pencari sangat penting jika Anda ingin pembaca menemukan artikel Anda secara online. Jika Anda menulis untuk web, judul Anda harus menyertakan setidaknya satu kata kunci.

Tetapi Anda harus memasukkan kata kunci atau frase kata kunci dengan cara yang terlihat alami. Meskipun penting untuk membuat judul Anda mudah ditemukan oleh mesin telusur, Anda harus ingat pembaca Anda bukanlah algoritme penelusuran, tetapi manusia.

1. Permudah pembaca Anda untuk tertarik.

Paragraf pembuka yang besar di awal artikel adalah penghalang besar untuk masuk. Pembaca Anda harus menjelajahi dinding teks yang besar sebelum menentukan apakah artikel tersebut benar-benar menarik dan layak dibaca. Ini membutuhkan usaha yang besar.

Jaga agar pembukaan Anda pendek dan kuat. Paragraf utama satu kalimat atau dua kalimat mudah diterima. Anda dapat membaca sepintas dan membacanya dalam waktu yang lebih singkat daripada waktu yang dibutuhkan untuk menggulirnya.

Mulailah dengan sesuatu yang singkat dan mudah untuk digunakan. Buktikan kepada pembaca Anda bahwa Anda memberikan nilai, kemudian minta mereka untuk mengerahkan upaya.

2. Bagaimana menulis paragraf pembuka yang kuat

Jika judul Anda telah menyelesaikan tugasnya, editor akan terus membaca. Paragraf pertama adalah bagian terpenting dari artikel Anda, dan kalimat pertama adalah bagian terpenting dari paragraf pembuka. Paragraf pertama memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Itu harus:

  • menarik perhatian pembaca
  • berlaku untuk janji judul
  • membangkitkan rasa ingin tahu
  • mengarah ke sisa artikel

Jika pembukaannya tidak logis, membosankan, atau tidak relevan, Anda akan kehilangan minat editor. Tidak masalah seberapa bagus artikel lainnya karena editor tidak akan membacanya.

Buat kalimat Anda pendek. Jelas, koheren, dan ringkas. Editor tidak harus memikirkan apa yang ingin Anda katakan.

Jika Anda ingin mempelajari cara menulis artikel yang menjual, pastikan Anda menginvestasikan waktu dan bakat untuk menyusun paragraf pembuka.

3. Bagaimana menulis bagian utama artikel

Saat Anda menulis badan utama artikel Anda, gunakan gaya yang sama seperti yang Anda lakukan untuk paragraf pembuka.

Singkatnya, tubuh mungkin berisi sedikitnya tiga paragraf. Dalam artikel panjang Anda mungkin menulis lusinan. Namun dalam setiap kasus, aliran ide logis dari satu paragraf ke paragraf berikutnya harus mulus.

Setiap paragraf harus memiliki ide sentral. Jelaskan ide tersebut dan dukung dengan fakta. Variasikan panjang paragraf untuk mengatur kecepatan artikel Anda.

Bagian utama harus koheren, dengan setiap ide dibangun di atas ide sebelumnya, dimulai dengan pembuka yang menarik perhatian dan berlanjut ke kesimpulan yang memuaskan.

Sesuaikan panjang artikel dengan permintaan pasar tempat artikel itu ditulis. Jika artikel Anda kurang dari jumlah kata yang diminta, jangan balut dengan wafel yang berlebihan.

Baca Juga : Cara membuat Blog Gratis Bagi Pemula Dalam 7 Langkah Dengan Mudah

Kembalilah ke penelitian Anda dan temukan lebih banyak fakta untuk ditambahkan ke artikel tersebut.

Jika Anda menemukan Anda memiliki lebih banyak informasi daripada yang dapat Anda sesuaikan dengan panjang artikel, jangan menjejalkannya dengan mengorbankan kejelasan dan koherensi.

Pilih fakta penting untuk mendukung argumen Anda dan hentikan sisanya. Anda selalu dapat menggunakan informasi di artikel lain.

Sulit bagi penulis baru untuk menjual potongan opini. Saya sarankan Anda tetap berpegang pada artikel faktual di awal.

Jika Anda ingin mempelajari cara menulis artikel yang menjual, ingatlah pasar informasi lebih besar daripada pasar opini.

Juga lebih mudah untuk merencanakan artikel faktual yang terstruktur dengan baik daripada artikel opini.

Singkatnya, bagian utama harus mencakup:

  • serangkaian paragraf dalam urutan logis
  • ide sentral di setiap paragraf
  • fakta dan informasi pendukung

4. Bagaimana menulis paragraf penutup atau kesimpulan yang baik

Paragraf penutup yang baik sering kali pendek. Saat meneliti dan menulis artikel Anda, fokuslah pada apa yang ingin Anda katakan dan katakan dengan lengkap dan jelas.

Jangan memperkenalkan informasi baru di paragraf penutup. Jika Anda telah melakukan pekerjaan Anda dengan baik, seharusnya hanya ada sedikit yang bisa dikatakan saat Anda mencapai kesimpulan.

Tiga dari gaya paragraf penutup yang paling umum adalah:

  • ringkasan artikel yang ringkas
  • menanyakan pertanyaan kepada pembaca
  • menjawab pertanyaan artikel

Jika Anda menulis kesimpulan ringkasan, buatlah tetap pendek dan manis. Tiga kalimat sudah cukup. Anda harus menjawab pertanyaan yang diajukan artikel Anda di paragraf pembuka pada saat Anda mencapai bagian akhir.

Tetapi efektif untuk menutup dengan pertanyaan baru yang mengikuti dari apa yang telah terjadi sebelumnya. Teknik ini bekerja dengan baik secara online untuk mendorong diskusi yang hidup di komentar.

Jika badan utama artikel Anda telah meletakkan argumen logis tetapi belum menjawab pertanyaan yang diajukan, paragraf penutup adalah tempat untuk menjawabnya.

5. Apa yang harus dilakukan setelah Anda menulis 

Saat artikel Anda selesai, Anda akan bersemangat untuk mengirimkannya. Jangan. Ada kemungkinan bahwa meskipun Anda telah bekerja keras, artikel tersebut belum dalam kondisi laku. Belajar bagaimana menulis artikel yang menjual melibatkan belajar merevisi.

Letakkan artikel Anda di satu sisi dan kerjakan di sisi lain. Biarkan selama beberapa hari sebelum dibaca ulang. Kemudian bacalah tiga kali.

6. Lihat faktanya

Pertama kali periksa apakah semua fakta Anda benar. Bergantung pada memori itu berisiko. Jika artikel Anda menyertakan kutipan dari karya lain, kata benda, dan tanggal yang sesuai, verifikasi fakta Anda menggunakan berbagai sumber.

Jika editor membeli artikel dan menganggapnya menyesatkan atau tidak akurat, Anda tidak akan pernah menjual artikel lain ke publikasi itu.

Dan ingat, editor berbicara satu sama lain. Demi kepentingan semua orang, Anda memastikan bahwa Anda mendapatkan fakta yang benar.

7. Tulis ulang artikel Anda

Baca artikel Anda untuk kedua kalinya. Gunakan tinta merah atau tombol hapus dan potong setiap kata atau frase yang tidak perlu.

Susun ulang kalimat untuk membuatnya lebih pendek dan lebih jelas. Hapus klise. Jadilah orang yang tidak memaafkan dan kritis seperti yang Anda berani.

8. Koreksi artikel Anda

Pada langkah ketiga, koreksi artikel Anda, yang berarti memeriksa kesalahan ejaan dan tata bahasa. Saya sarankan mencetak salinan artikel Anda atau mengubah font di pengolah kata Anda sebelum mengoreksi.

Sangat mudah untuk melewatkan kesalahan dalam teks yang Anda tulis sendiri. Mengubah penampilannya membantu Anda melihatnya dengan mata yang segar.

Sub-editor akan memperbaiki masalah yang tersisa, tetapi itu bukan tanggung jawab pertama mereka. Untuk membuat karier yang sukses sebagai penulis lepas, banggalah dengan pekerjaan Anda dan buatlah yang terbaik yang Anda bisa.

Sekarang singkirkan artikel Anda sekali lagi. Hari berikutnya berikan satu izin lagi untuk memastikannya sesuai dengan pedoman penerbit, terbaca dengan baik, logis, jelas, dan lengkap. Anda mungkin ingin menyalin daftar periksa berikut.

Apakah artikel Anda termasuk:

  1. Judul yang sesuai?
  2. Paragraf pembuka yang kuat?
  3. Tubuh utama yang logis dan lengkap?
  4. Paragraf penutup yang ringkas?
  5. Ide sentral di setiap paragraf?
  6. Fakta dan informasi pendukung?
  7. Fakta diperiksa keakuratannya?
  8. Benar ejaan dan tata bahasa?

9. Terakhir, kirimkan pekerjaan Anda untuk dipublikasikan

Baca pedoman pengiriman untuk publikasi Anda dan ikuti mereka. Jika ada yang tidak Anda mengerti, hubungi editor dan minta klarifikasi.

Kebanyakan publikasi saat ini mengharapkan pengiriman elektronik. Ikuti persyaratan editor untuk tata letak, font, dan ukuran font.

Editor mungkin meminta Anda untuk melampirkan dokumen atau menempelkan artikel ke badan email. Periksa lampiran dalam format yang dapat diterima seperti .doc, .docx, .rtf, atau PDF. Beberapa publikasi menggunakan portal pengiriman online. Jika demikian, buka portal, daftar, dan ikuti instruksinya.

Jika Anda harus membuat kiriman pos, cetak pekerjaan Anda pada kertas putih berkualitas baik dengan tinta hitam dengan margin selebar satu inci.

Pastikan nama dan detail kontak Anda muncul di surat lamaran Anda dan halaman pertama artikel Anda, bersama dengan judul, nama Anda, dan jumlah kata.

Cetak salinan baru untuk setiap kiriman yang Anda buat. Tidak ada yang lebih menarik bagi editor selain menerima salinan bertelinga anjing yang telah selesai dilakukan.

Buat surat lamaran Anda singkat, sopan, dan to the point. Sapa editor dengan nama. Editor akan memutuskan apakah akan membeli artikel Anda atas dasar kemampuannya sendiri dan tidak tertarik pada biografi Anda kecuali jika berkaitan dengan konten artikel.

10. Apa yang harus dilakukan setelah Anda mengirimkan artikel

Aspek terakhir dari belajar menulis yang menjual adalah memahami kebutuhan akan produktivitas. Semakin banyak artikel yang Anda tulis dan kirimkan, semakin besar peluang Anda untuk menghasilkan penjualan.

Jadi, ketika Anda telah mengirim, jangan duduk-duduk menunggu balasan. Catat detail pengiriman dalam catatan Anda, lupakan , dan mulailah mengerjakan bagian berikutnya.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana menemukan pasar yang tertarik untuk membeli karya Anda. Untuk mempertahankan aliran artikel laku yang stabil, Anda perlu tahu cara melakukan riset pasar yang efektif.

error: